Kolaborasi Art Moments Jakarta dan Custom Collaboration Membantu Anak-Anak Penderita Kanker

Pandemi tidak menjadi alasan seseorang untuk berhenti mengejar suatu pencapaian dalam hidup. Pandemi justru memberi luang yang sangat besar untuk saya dan mungkin juga Anda untuk terus menghasilkan karya dan beraktivitas, khususnya di bidang sosial. Hal serupa juga dirasakan oleh para seniman anak bangsa. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anak-anak Indonesia, Art Moments Jakarta bekerja sama dengan Custom Collaboration untuk membuat Art Connect: Uniting Artists in Action, sebuah program bakti sosial yang bertujuan membantu anak-anak penderita kanker dari keluarga pra-sejahtera, di bawah naungan Yayasan Pita Kuning.

'Serah Terima Donasi Dari Miles To Share' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 

Saat ini, Yayasan Pita Kuning tengah mendampingi lebih dari 30 anak pejuang kanker di wilayah Jabodetabek dengan memberikan layanan psikososial, konseling, dan bantuan bulanan rutin yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap keluarga. Program Art Connect juga melibatkan beberapa tokoh-tokoh seni seperti Indro Warkop dan Pandji Pragiwaksono serta beberapa komunitas termasuk komunitas seni di Indonesia.

“Ketika satu orang kanker di sebuah keluarga, maka itu jadi sakitnya satu keluarga. Dengan keadaan yang berat ini, kita nggak ingin anak-anak itu berkurang (bantuan dan donasi) sedikitpun".

- Indrodjojo Kusumonegoro (Indro Warkop DKI), Pengawas Yayasan Pita Kuning

'Begin Again - Funky Scars' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Roda Gila - Uncle Joy' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Happy Mania Troops - Addy Debil' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 

Program ini merupakan sebuah aksi sosial yang dilakukan dengan cara menggalang dana donasi melalui serangkaian kegiatan online seperti Charity Art Print, Charity Custom Art Sale, dan Tribute to Ashraf Sinclair dalam Virtual Custom Art Exhibition. Penggalangan dana ini dilakukan sebagai upaya membantu anak-anak penderita kanker dan keluarganya untuk terus mendapatkan akses yang stabil untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari dan perawatan paliatif seperti vitamin dan dukungan psikis, khususnya di masa tak menentu seperti sekarang ini, dimana banyak keluarga dari anak-anak tersebut terkena dampak ekonomi pada masa pandemi. Penggalangan dana donasi ini dilaksanakan melalui program Art Connect dimulai dari tanggal 5 Desember 2020 sampai dengan 31 Januari 2021 lalu.

Program Charity Art Print merupakan sebuah kerjasama antara Art Moments Jakarta dengan seniman urban terbaik Indonesia seperti Bujangan Urban, Hardthirteen, Muklay dan Tutu, dalam memproduksi art print edisi khusus dan terbatas. Program ini juga meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni rupa dan memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk memiliki karya seni dari seniman urban terbaik di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Art print ini dicetak terbatas sebanyak 200 edisi setiap karyanya, ditandatangani dan dinomori oleh para senimannya langsung. Menggunakan teknik cetak saring (handmade) diatas kertas berukuran A4 (29 cm x 21,5 cm), art print ini bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia: Art Moments Jakarta Official atau dapat mengunjungi link/tautan yang berada di bio Instagram Art Moments Jakarta (@artmomentsjakarta).

'Resurrection - TUTU' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Trapped In The Sickness-MUKLAY' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Believe-HARDTHIRTEEN' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'All Colors Are Beautiful-BUJANGAN URBAN_ACAB' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 

Selain menampilkan Charity Art Print, Virtual Custom Art Exhibion juga menampilkan Charity Custom Art Sale yang merupakan kolaborasi para seniman yang berkarya di atas media kanvas, helm, motor dan jaket. Seniman yang mendukung program ini antara lain seperti Herzven, Bunga Fathia, Crack, Addydebil, dan lain-lain. Range harga karya-karya yang dijual melalui program ini mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 30.000.000,-.

Di dalam kesempatan ini pula, ditampilkan juga karya seni dari Almarhum Ashraf Sinclair, yang ternyata memiliki bakat seni yang mumpuni dan jarang terekspos media sebelumnya. Karya-karya Ashraf dapat dilihat melalui ruang virtual di website Custom Collaboraon (www.custom-collaboraon.com). Berkat dukungan dari Bunga Citra Lestari yang telah meminjamkan karya-karya almarhum, pameran Tribute to Ashraf Sinclair dapat terlaksana melalui pameran virtual ini. 

'indONEsia - Enjoy Johnny' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Custom Helmet - NF 13' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Custom Jacket - Max Repair Painting' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 
'Custom Shoes - Relaxing Project' (Foto: Dok.Art Moments Jakarta) 

Di tahun 2021, Yayasan Pita Kuning berencana untuk mulai melebarkan jangkauannya ke provinsi lainnya. Hasil atau perolehan dari program Art Connect ini diharapkan dapat mewujudkan rencana tersebut.