Tampilan Futuristik ala Iris Van Herpen, Mind Blowing!

Mungkin nama Iris Van Herpen terdengar asing di telinga Anda. Namun tidak bagi pecinta dunia mode yang pasti mengenal sosok Iris Van Herpen sebagai seorang desainer asal Belanda yang terus membuat dunia mode terpukau dengan karyanya yang sangat unik dan menakjubkan. Karya busananya tidak hanya terkenal akan keindahan namun juga teknik pembuatan dengan memadukan teknologi terkini.

(Foto: Dok. Iris Van Herpen)

Kali ini, Iris Van Herpen kembali lagi dengan koleksi Haute Couture Fall/Winter 19-20 nya yang bertajuk "Hypnosis". Sesuai dengan judul yang diberikan, koleksi ini sukses menghipnotis para penonton berkat konstruksi pakaiannya yang sangat unik dan eye-catching. Saat pertama kali melihat koleksi tersebut, saya merasa rancangan tersebut seakan merupakan sebuah serangkaian ilusi visual!

(Foto: Dok. Iris Van Herpen)

Selain menampilkan sederet busana couture yang artsy dan futuristik, desainer tersebut juga berkolaborasi dengan pengukir kinetik asal Amerika Serikat, Anthony Howe. Anthony terkenal dengan karyanya yang berjudul ‘Gargantuan’, yaitu sebuah seni patung yang berbentuk menyerupai sebuah kincir angin. Iris Van Herpen mengatakan dalam satu wawancara bahwa koleksinya merupakan visualisasi dari alam sebagai simbol dari siklus kehidupan yang berhubungan dengan laut, bumi dan udara. Namun menurut saya, kolaborasi dengan Anthony Howe memberikan kesan yang lebih sci-fi dalam rancangan tersebut.

(Foto: Dok. Iris Van Herpen)

Iris Van Herpen menghadirkan 19 busana yang sebagian besar di antaranya dapat digerakkan oleh angin. Lalu yang lebih menariknya lagi menurut saya, ia juga menggunakan teknik Japanese floating ink yang bernama Suminagashi dalam pembuatan koleksi ini. Teknik yang menciptakan garis-garis sehingga tampak bergerak, seperti yang dapat dilihat pada koleksi ini.

Bahan yang digunakan untuk koleksi ini didominasi oleh aluminium dan stainless steel yang dilapisi oleh kain beraksen ruffles, membuatnya nampak seperti awan yang bergerak. Teknik laser cut yang menjadi ciri khas dari Iris Van Herpen juga dihadirkan kembali dalam koleksi ini.

(Foto: Dok. Iris Van Herpen)

Dan lagi-lagi, saya beserta para pecinta dunia mode dibuat takjub oleh Iris Van Herpen. Koleksi haute couture ini menampilkan berbagai busana yang apik dengan konsep yang dikembangkan secara matang. Bahkan menurut saya, koleksi tersebut lebih cocok disebut sebagai karya seni daripada busana. It’s too beautiful to be worn! Saya sangat kagum akan Iris yang dapat menampilkan berbagai macam inovasi yang belum terpikirkan oleh desainer lain. She really took haute couture to another level! Saya berharap salah satu rancangan tersebut dapat dikenakan oleh para selebriti Hollywood.

Bagaimana menurut Anda? Walaupun tidak sesuai untuk dipakai untuk sehari-hari, namun koleksi tersebut sangat indah secara visual bukan?