Wisata Alam di Pulau Jeju, Korea

Haute Culture

Kalo lagi nonton drama Korea, rasanya pengen pergi ke Korea Selatan untuk menikmati langsung keindahan suasana dan alam di sana. Tapi ada lagi yag mendorong saya semakin ingin mengunjungi Korea, yakni saat mengunjungi pameran spesial keindahan Pulau Jeju di gedung World Trade Center, Jakarta. 

Pameran yang berlangsung pada 2 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023 ini diselenggarakan langsung oleh Jeju World Natural Heritage Center untuk memperkenalkan betapa cantiknya Pulau Jeju yang masuk dalam Warisan Alam UNESCO. Ada yang sudah pernah jelajah pulau terbesar di Korea Selatan ini? Kalo saya hanya pernah lihat di K-Drama Something in the Rain.

Selama pameran, pengunjung akan diajak berkeliling dan diberikan penjelasan langsung oleh orang Korea Selatan langsung, tepatnya Hong-Chul Leem, selaku Kepala Departemen World Natural heritage Center Korea. Meski tidak bisa berbahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris, ada translator yang akan menemani Anda. 

Di pameran ini Anda akan melihat beragam foto yang menangkap Jeju Volcanic Island dan Lava Cave. Ada empat destinasi yang dapat Anda nikmati; Cagar Alam Hallasan,  Seongsan Ilchulbong Tuff Cone, Geomunoreum Lava Tube System, dan Baekje Historic Areas. Lanskap dan nilai geologis tinggi membuat tempat-tempat ini masuk daftar World Heritage UNESCO pada 2007 dan 2015. 

“Pameran ini kami buat untuk mempromosikan nilai-nilai Jeju sebagai UNESCO World Heritage Site pertama di Korea Selatan kepada para warga Indonesia. Kami undang mereka untuk melihat Jeju secara lebih dekat dalam pameran di World Trade Center ini,” ujar Hong-chul Leem, Kepala Departemen World Natural Heritage Center Korea. Guna mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap, pengunjung pameran juga bisa menggunakan buku mewarnai dan pop-up kit World Natural Heritage Jeju.