Sudahkah Anda Menonton Dokumenter Balik Layar 'Game of Thrones'?

Salah satu serial televisi paling sukses sepanjang sejarah, Game of Thrones, akhirnya berakhir pada 19 Mei lalu. Namun, antusiasme, termasuk kontroversi mengenai kisah akhir Game of Thrones masih cukup terlihat mewarnai linimasa media sosial. Hal ini pun disambut oleh HBO selaku rumah produksi untuk menayangkan tayangan dokumentasi balik layar dari pembuatan serial kolosal tersebut. Episode dokumenter berjudul "The Last Watch" tayang pada tanggal 26 Mei lalu dan menyedot perhatian banyak penggemar.

Berikut adalah trailer dari dokumenter Game of Thrones ini:

Film dokumenter berdurasi dua jam dengan sutradara Jeanie Finlay tersebut membawa kita menyaksikan apa yang terjadi di balik layar musim kedelapan serial tersebut. Kita diajak melihat proses pembacaan naskah oleh para aktor. Juga diperlihatkan bagaimana para kru bekerja membawa maha karya ini ke layar kaca.

Ada beberapa momen menarik dalam dokumenter ini. Di antaranya adalah ketika aktor Kit Harington (Jon Snow) terbawa emosional saat pembacaan naskah. (Spoiler!) Sepertinya ia baru mengetahui fakta bahwa ia akan menjadi salah satu pemegang peran penting yang nantinya akan mengakhiri nyawa karakter penting lainnya di dalam serial ini.

Melalui tayangan balik layar ini, kita juga mengetahui bahwa segala rekam jejak cetak dari naskah yang dihilangkan. Sesaat setelah proses pembacaan naskah oleh para pemain selesai, naskah dihancurkan dan akan dikirim versi digitalnya. Ini guna mencegah adanya kebocoran naskah ke pihak umum.

Berkat dokumenter ini juga, kita jadi tahu bahwa ada cara-cara yang dilakukan oleh tim dari GoT untuk membuat pengalihan bagi para fans selama masa syuting. Di antaranya adalah dengan mendatangkan karakter-karakter yang bahkan tidak terlibat dalam scene untuk mengelabui para paparazzi. Jadi fans nantinya tidak akan mengetahui dengan pasti bagaimana kira-kira jalan cerita akan bergulir.