Tidak terasa, tinggal satu minggu lagi menuju bulan suci Ramadan. Bagaimana? Apakah jadwal Anda sudah penuh selama satu bulan? Meski bulan Ramadan merupakan perayaan bagi umat muslim, bukankah hampir semua masyarakat turut merasakan kehangatan yang dibawanya? Satu bulan penuh dengan pertemuan bersama orang-orang terdekat atau bahkan mereka yang sudah lama tidak dijumpai.

Menyambut perayaan ini, berbagai hidangan khas Ramadan telah dipersiapkan oleh restoran dari hotel-hotel bintang lima di bawah ini. Anda dapat menjumpai hidangan dengan cita rasa lokal hingga menu internasional dari negara bagian timur. Berikut adalah delapan hotel dengan menu Ramadan yang dapat Anda jadikan pilihan. Sedikit catatan, pastikan bahwa Anda melakukan reservasi terlebih dahulu, ya! Biasanya selalu fully booked!

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Nasi Tumpeng (Foto: Dok. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan)

Pasar malam di hotel berbintang lima? Hanya dapat Anda temukan selama bulan suci Ramadan di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan. Bekerja sama dengan Alun Alun Indonesia, Anda akan menjumpai beragam pernak-pernik khas Tanah Air. Untuk melengkapi suasana pasar malam, Anda hanya akan menjumpai ragam hidangan khas Nusantara di Asia Restaurant dan Lobo Restaurant! Ya, mulai dari jajanan pasar, gorengan, sajian penutup, hingga nasi kuning yang dibuat tumpeng. Semua dengan cita rasa lokal! Namun, tenang, kualitas dari setiap hidangan tentu masih kelas bintang lima! 

Untuk reservasi, silahkan menghubungi 021 2551 8321 / 8380.

Keraton at The Plaza, a Luxury Hotel Collection

Ramadan Buffet at Bengawan (Foto: Dok. Keraton at The Plaza, a Luxury Hotel Collection)

Hotel berkelas yang terletak di kompleks pusat perbelanjaan mewah, Plaza Indonesia ini menawarkan menu Ramadan dengan penggabungan cita rasa Nusantara dan Timur Tengah di Bengawan Restaurant. Dari segi cita rasa lokal, saya sungguh dibuat kagum dengan daging rendang yang terasa begitu lembut. Sedangkan dari segi hidangan timur tengah, Anda dapat mencicipi potongan wagyu beef picanha atau mussaka yang merupakan terong dengan keju mozarella di atasnya. Yes, those are my personal favorites! Please try!

Untuk reservasi, silahkan menghubungi 021 5030 2993.

Mandarin Oriental, Jakarta

Ramadan Breakfasting at Mandarin Oriental, Jakarta (Foto: Dok. Mandarin Oriental, Jakarta)

Selama bulan suci Ramadan, Mandarin Oriental hanya akan menyuguhkan hidangan khas Nusantara di Cinnamon. Namun, setiap harinya Anda akan disuguhkan dengan menu yang berbeda dari masing-masih wilayah di Tanah Air, seperti rujak juhi dari Betawi, bakso malang dari Jawa Timur, dan konro dari Makassar. Saya pribadi menemukan hidangan baru yang tidak saya ketahui asalnya sebelum ini, seperti itik lado ijo dari Bukittinggi, Sumatra Barat. Menu ini berupa daging bebek yang empuk dengan rasa kari serta tambahan cabai hijau. Nikmat!

Untuk reservasi, silahkan menghubungi 021 2993 8823.

Pullman Jakarta Indonesia

(Foto: Dok. Pullman Jakarta Indonesia)

Belajar dari pengalaman tahun lalu di mana Sana Sini Restaurant harus membuka meja hingga lobby hotel, kali ini Pullman Jakarta yang berlokasi di Thamrin mengizinkan Anda untuk membuka puasa di ballroom! Hidangan yang disajikan berupa hidangan khas Indonesia dan Timur Tengah. Anda tentu dapat menemukan signature menu dari Sana Sini Restaurant, seperti Mie Goreng Jawa! Selain itu, untuk hidangan khas Timur Tengah, jangan sampai ketinggalan mencicipi Beef Shawarma dan Lamb Ouzi! Bagi Anda yang memilih untuk merayakan bulan suci Ramadan di ballroom, selain menikmati hidangan lezat sambil ditemani penampilan live music, Anda juga akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah berupa tiket pulang pergi ke Istanbul dengan Turkey Airlines dan jewelry certificate seharga Rp5.000.000 di Franc & Co! Silahkan uji keberuntungan Anda.

Untuk reservasi, silahkan menghubungi  021 3192 1111.

JW Marriott Hotel Jakarta

Nasi Kebuli Udang (Foto: Dok. Plataran Jakarta)

Untuk para pecinta restoran Padang, Anda tentu tidak asing lagi dengan restoran Pagi Sore, bukan? Ya, restoran yang dikenal dengan kelezatannya ini berkolaborasi dengan JW Marriott Hotel Jakarta selama bulan Ramadan melalui promo makan all-you-can-eat di restoran Sailendra! Ya, dengan kata lain, Anda dapat menikmati hidangan padang dari restoran Pagi Sore sepuasnya! Duh, Anda tentu langsung membayangkan menu seperti gulai ayam, gulai tunjang, dan rendangnya. Selain itu, Anda tentu juga dapat menikmati hidangan khas Nusantara yang lain. Bagaimana? Langsung ingin meluncur?

Untuk reservasi, silahkan hubungi 021 5798 8888.

Shangri-La Hotel, Jakarta

The Sacred Ramadan (Foto: Dok. Shangri-La Hotel, Jakarta)

Ketika memasuki Shangri-La Hotel, Jakarta, para tamu akan langsung disambut dengan suasana yang berbeda. Mengambil tema dari negara Moroko, Anda akan menemukan dekorasi yang didominasi dengan warna cerah, seperti biru toska, hijau, merah marun, dan koral. Dari segi hidangan, lidah Anda akan dimanjakan dengan kuliner hasil kolaborasi  executive chef dari hotel dan pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Menu seperti Lontong Rendang, Nasi Goreng Hijau dengan Oxtail Soup, dan Roast of Beef Rib Eye dapat Anda temukan di SATOO Restaurant selama bulan suci Ramadan. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk memenangkan tiket pulang pergi bagi dua orang ke Muscat, Oman dengan Etihad Airways serta menginap di Shangri-La Barr Al Jissah Resort & Spa, Sultanate of Oman. Sungguh sebuah keindahan yang tak akan terlupakan!

Untuk reservasi, silahkan hubungi 021 2922 9999.