Pernahkah Anda merasa seperti sedang berada di titik yang rendah dalam hidup dan percaya bahwa dunia ini terlalu sulit untuk dijalani? Terkadang, Anda merasa bahwa Anda bukan siapa-siapa dan tidak diinginkan. Memang benar, ada kalanya rasa sedih dan kesulitan datang menghampiri. Namun, bukan berarti hal tersebut akan terus menerus hadir di dalam hidup, bukan? Ada kalanya, memang kita harus merasakan berada di bawah terlebih dadulu untuk kemudian bisa bangkit berdiri. Justru melalui proses tersebut, Anda akan menjadi sosok yang lebih kuat.

Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk bangkit dari keterpurukan dan rasa sedih. Salah satu cara yang biasa saya gunakan adalah dengan mendengarkan musik. Pilihan musik yang tepat nyatanya mampu mengubah mood sehingga menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa pilihan lagu yang cocok untuk Anda dengarkan untuk bangkit dan justru merasakan kebanggaan terhadap diri sendiri.

Confident - Demi Lovato

“It's time for me to take it. I'm the boss right now”

Lagu-lagu dari Demi Lovato memang seringkali menceritakan tentang kepercayaan diri dan merasa bangga terhadap kemampuan diri sendiri. Demi Lovato memang salah seorang figur publik yang cukup terbuka mengenai kehidupnya. Ia tidak malu menceritakan perjuangannya melawan adiksi untuk memberikan contoh kepada para fansnya tentang bagaimana ia bangkit dari keterpurukan. Dengan segala hal yang pernah dilaluinya, karyanya pun terdengar begitu tulus dan jujur. 

New Rules - Dua Lipa

“But my love, he doesn't love me. So I tell myself, I tell myself”

Lagu Dua Lipa ini merupakan salah satu lagu hits yang rilis pada tahun 2017 lalu. Dengan cepat lagu ini menapaki tangga-tangga lagu baik nasional maupun internasional. Melalui lagu ini, Dua Lipa bercerita tentang hubungan yang tidak sehat dan bagaimana caranya agar setiap individu dapat keluar dari lingkaran kelam ini. Salah satu pesan penting dalam lagu ini adalah untuk mencintai diri sendiri, terlebih jika tidak ada orang lain. Mencintai diri sendiri harus menjadi yang pertama dan utama, bukan?

Beautiful - Christina Aguilera

“I am beautiful. No matter what they say. Words can't bring me down.”

Mencintai diri sendiri merupakan hal yang kadang sering terlupakan. Padahal, ini justru merupakan satu hal penting yang membuat Anda bahagia. Di tengah perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan media sosial yang tidak tepat, Anda seringkali dibuat tidak puas dengan diri sendiri. Lagu ini hadir untuk mengingatkan bahwa apapun yang orang lain ucapkan, tentu tidak akan berpengaruh apapun pada diri Anda. Yes, words definitely can't bring you down!

Stronger - Kelly Clarkson

“What doesn't kill you makes you stronger.”

Lagu dari pemenang season pertama American Idol pada 2002 ini mengingatkan Anda bahwa terus berjuang merupakan sebuah keharusan. Lagu dengan beat bersemangat ini memberikan pesan empowerement dengan harapan agar Anda tidak mudah menyerah dengan keadaan. Apapun kesulitannya, Anda pasti dapat bangkit dan kembali berdiri tegak. Berjuang tanpa henti adalah opsi terbaik, apakah Anda sependapat?

Put Your Records On - Corinne Bailey Rae

“I hope you get your dreams. Just go ahead, let your hair down.”

Bersama lagu ini Corinne memberikan pesan bahwa jika hidup terasa berat, justru itu menjadi waktu yang tepat untuk bersantai sejenak. Satu hal yang harus diingat yaitu bahwa semuanya akan baik-baik saja dan tidak ada salahnya untuk menikmati momen yang ada saat ini. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk memutar lagu favorit, menggunakan pakaian terbaik, dan membeli makanan favorit? Mencintai diri sendiri juga turut hadir dari bagaimana cara Anda menikmati hari-hari yang silih berganti.

Nah, bagaimana dengan Anda? Lagu apa yang dapat membuat Anda merasa bangga terhadap diri sendiri?