Ketika Dua Generasi Berkolaborasi

Dalam judul Sidik Jari, brand mode Indonesia bernama BLZR.ID dan desainer Indonesia, Susan Budihardjo, berkolaborasi menghasilkan 32 set total look yang dipresentasikan di Open Door, Alam Sutera, Tangerang. Acara berlangsung pada Sabtu, 16 September 2023 secara meriah dihadiri tamu undangan dan media.

Sidik Jari diambil dari filosofis sidik yang ada di jari setiap orang. Berbeda-beda dan menjadi identitas diri. Sama seperti sidik jari yang kita miliki, koleksi ini seperti gaya personal yang menjadikannya ciri khas diri.

Susan Budihardjo sebagai desainer perempuan yang ingin mendidik dan merangkul bibir baru, dirinya terpesona dengan brand BLZR.ID yang dimiliki dua kakak beradik; Dennice Aulia dan Florine Aulia. “Saya tertarik karena mereka dapat bertahan sekain lama. Mereka masih sangat muda. Saya melihat desain BLZR.ID yang clean-cut juga sporty, dan masih dapat diolah lebih jauh. Ini tantangan besar untuk saya, karena untuk berkolaborasi artinya saya harus menekan ego saya sebagai fashion designer. Saya mendengarkan masukan mereka tentang daya jual,” ujar Susan.

BLZR.ID pada awal diluncurkan berfokus pada Blazer dengan kualitas jahitan yang rapih, bahan mewah, namun harga ringan. Namun seiring berjalannya waktu, BLZR.ID terus berkembang, terlebih dalam koleksi kolaborasi dengan Susan Budiharjo. Tidak hanya blazer dan baju atasan, BLZR.ID X SB juga mempersembahkan rok dan celana. 

Dennice Aulia menuturkan, “Awalnya BLZR.ID memang menciptakan blazer untuk memenuhi kebutuhan pasar akan busana kantoran, tetapi kemudia blazer berkemabng menjadi baju yang dapat dipakai untuk berbagai kesempatan. Sejak itu, kami mulai mendesain blazer sebagai luaran yang lebih modis. Saat itulah kami melamar Ibu Susan yang sejak lama kami kagumi. Nekat sih.”

Hasilnya... koleksi ini memperlihatkan struktur busana yang tegas, keras dan tajam, serta terpancar karakter maskulin. Lalu diperhalus dengan detail dari bahan tulle dan pita. Sambil mengkampenyekan Freedom, Creativity, Individuality dalam warna hitam, putih, abu, dan merah mencolok yang menyuarakan keberanian. Koleksi ini tersedia dalam bentuk jas, celana panjang, blazer crop top, blazer oversized, juga rok.