Kanvas Kerinduan Liliana Lim

Beastie Vanity

Resurgence: an increase or revival after a period of little activity, popularity, or occurrence.

Silam untuk sekejap dari riuh rendah glamorama fashion tentu membuahkan kerinduan yang memuncak. Kiranya kerinduan inilah yang ingin ditumpahkan oleh desainer Liliana Lim dalam presentasi Liliana Lim Ready-to-Wear Deluxe 2024 pada Selasa, 2 November 2023.

 

Setelah lima belas tahun Liliana memfokuskan dirinya untuk keluarga, nama yang ia bangun dalam industri fashion dapat dikatakan tidak terlalu terdengar. Namun konsistensi dirinya untuk Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) adalah suatu bukti bahwa ia tak benar-benar silam dari hingar bingar mode tanah air. Kontribusi dan dukungannya untuk IPMI pun tak penah lepas dari genggamannya.   

 

Hal inilah yang membuat seoarang Liliana Lim selalu mendapatkan dorongan dari teman-teman desainer untuk maju kembali dan berkarya, salah satunya sang sahabat Sebastian Gunawan yang tak penah Lelah untuk ‘membisikannya’ untuk terus berkarya.

Proses pemikiran dan eksekusi untuk koleksi ‘Resurgence’ ini pun dikejarnya dalam waktu dua bulan. “Saya sempat meminta izin dulu kepada kedua anak saya, agar selama dua bulan kedepan akan fokus untuk mengerjakan koleksi. Dan kedua anak saya mempersilakan.” Ungkapnya saat di backstage sebelum show dimulai.

 

Sebuah pendewasaan diri yang matang pun berhasil ia torehkan dalam 38 set gaun berdominasikan warna hitam, dan Liliana menempatkan teknik Moulage sebagai kreasi tertinggi. Bahwa menciptakan gaun dengan teknik manual tanpa pola (dengan cara menempelkan langsung bahan ke patung) adalah suatu kepiawaiannya.

 

Rancangan yang terdiri dari long dress asimetri, dengan aksen drape dan twist dituangkan dalam material bahan tweed, shantung taffeta, jacquard, fancy woll, dan crepe simmer. Penambahan aksesoris dari Gelap Ruang Jiwa pun suatu pilihan cermat untuk mematenkan karakter rancangannya. Personality diri Liliana Lim yang ‘apa adanya’ pun tampak jelas dalam koleksi yang tampilkan. Bahwa sosok wanita pengguna rancangan Liliana Lim adalah wanita mapan, elegan dan chic. Maka para wanita tersebut pun bebas memadu padankan dengan aksesoris dan tas yang mereka ingin kenakan.

 

Presentasi yang berada dibawah payung acara ‘The Langham Fashion Soirée’ ini merupakan hasil Kerjasama antara Hotel Langham Jakarta dan Ikatan Perancang Mode Indonesia, yang didukung oleh Bank BRI, Laura Mercier, dan Shiseido. Congratulations once again Liliana Lim!