Ingin Mencicipi Hidangan Khas Puglia? Di Sini Tempatnya!

Nampaknya harus saya akui bahwa GIA tidak hanya menjadi sebuah restoran di mana Anda dapat mencicipi cita rasa Italia. Di sisi lain, GIA menjadi tempat pembelajaran bagi saya (dan juga Anda) untuk mengetahui lebih lanjut tentang hidangan khas dari masing-masing wilayah di negara tersebut. Jika sebelumnya lidah saya berhasil dibuat terpukau oleh hidangan khas Sicily, kali ini saya diajak berjalan menuju wilayah lain bernama Puglia. Bahkan, saya belum pernah mendengar wilayah ini sebelumnya!

Seperti yang saya katakan sebelumnya di artikel mengenai Sicily, lagi-lagi saya dibuat kebingungan dengan hidangan khas Italia yang tidak melulu tentang pizza atau pasta. Meskipun di dalamnya tetap terdapat hidangan pasta, cita rasanya tidak seperti yang saya cicipi di restoran kebanyakan. Hidangan dari Puglia ini terasa begitu santai sehingga membuat saya merasa seperti sedang makan di rumah. Namun, perbedaannya, hidangan ini dimasak oleh sang ahli, Chef Tommaso Gonfiantini. Well, nothing’s wrong when it comes from his hand. Bagaimana kami tahu? Hint: Tim editorial berhasil menemuinya di balik dapur! Nantikan, ya!

Antipasti: Burrata, Acciughe, Pomodorini Arrosto (Foto: Dok. GIA)

Taste of Puglia terdiri atas empat menu yang dibuka dengan hidangan berisikan burrata, acciughe (salted anchovy), dan tomat panggang yang didampingi dengan sour dough. Chef Tommaso sendiri menyarankan agar Anda memakannya dengan cara menggabungkan semua bahan di atas sour dough sehingga membuatnya terlihat seperti bruschetta. Well, it was indeed a great way of having it! Untuk pasta, Anda akan dihidangkan fusili dengan blue mussel dan kentang. Hidangan ini cukup menggambarkan wilayah Puglia, yang merupakan wilayah tepi pantai.

I Secondi: Bombette di Capocollo, Pancetta, Caciocavallo (Foto: Dok. GIA)

Lalu, beralih ke hidangan favorit saya. Untuk menu utama, Anda akan dihidangkan bombette di capocollo. Seperti namanya, bombette menggambarkan ledakan rasa pedas yang dibungkus dengan Iberico pork neck. Hidangan ini disajikan dalam bentuk skewers karena memang bombette merupakan hidangan yang dapat Anda temukan di tepi jalanan Puglia. Sebagai pencuci mulut, Anda akan menikmati candied pumpkin tart yang dihidangkan dengan chocolate sauce dan rum & raisin gelato. What can go wrong with all these ingredients?

I Dolci: Pasticciotto Pugliese, Zucca, Ricotta, Ciocolato (Foto: Dok. GIA)

Taste of Puglia dapat Anda nikmati hingga bulan Maret 2019 dengan harga Rp. 450.000/ pax. Anda tidak perlu repot-repot berkeliling Italia untuk menemukan hidangan khasnya, bukan? Thank you, GIA! Saya sungguh tidak sabar menantikan 'perjalanan' berikutnya!