IKONS & MODULO untuk Bisnis dan Rumah Impian

Haute Culture

Beberapa tahun terakhir, setelah pandemi Covid-19 melanda, kita menjadi lebih memperihatikan kebutuhan rumah, salah satunya interior di dalam rumah agar lebih nyaman selama berada di rumah saja. Seiring itu, cafe atau coffee shop juga kian menjamur, khususnya area outdoor yang banyak dipilih karena perputaraan udara yang lebih baik. 

Selama masa pandemi, beberapa rumah di daerah saya direnovasi dan menuju ke jalan raya, beberapa coffee shop baru bermunculan dengan desain yang berbeda-beda, tapi semua memiliki area outdoor

Percepatan pertumbungan ini juga diantisipasi dengan minat akan produk lokal buatan Indonesia semakin tinggi. Metephor sebegai salah satu konsultan desain interior dan arsitektur menjawab dua kebutuhan tersebut, melalui brand IKONS dan MODULO. 

IKONS menyediakan furniture komersial seperti cafe, hotel, dan restoran. Bahannya yang kuat, dan disesuaikan dengan kebutuhan komersial seperti mudah untuk dibersihkan, fungsional, dan dapat dibuat custom. Selain itu, pembeli juga dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim Ikons dalam mewujudkan kebutuhan dan keinginan dari bisnis mereka. 

"Kami memiliki kemampuan manufaktur sendiri dan juga didukung oleh pengalaman memahami beragam karakter dan tuntunan desain komersial selama lebih dari 19 tahun melalui Metaphor menjadikan IKONS memiliki koleksi berkualitas tinggi yang telah melalui riset dan pengembangan dan menyeluruh," ujar James Wijaya, Principal dari Metaphor. 

Saat berkunjung ke showroom mereka yang terletak di lantai 3, Jalan Kemang Raya no. 37, Jakarta Selatan, James juga langsung memberikan contoh ketahanan dari produk mereka dengan membanting salah satu kursi rotan mereka. IKONS mengutamakan produk dengan material yang mudah dalam perawatan dan mudah dibersihkan (untuk percepatan pergantian customer).

Saran saya, bagi Anda yang mencari interior untuk bisnis, lebih baik untuk melihat langsung di showroom mereka agar dapat merasakan langsung bahan dan material yang digunakan, serta konsultasi dengan mereka. Banyak variasi kursi, sofa, meja, lampu, juga pemilihan bahan material dan warna lampu dari brand Cosentino, Vania, dan Leder Haus di Ikons yang dapat disesuaiakn dengan kebutuhan customer

Dari segi harga, saya melihat banyak tag ‘special price’ digantung pada item mereka. James juga mengakui bahwa harga mereka cukup affordable. 

Showroom ditata begitu nyaman dengan tata letak yang rapih, bersih, memperhatikan lighting ruangan, serta cukup luas untuk pengunjung nyaman melihat sekaligus mencoba produk mereka. 

Lanjut ke showroom MODULO. Mood langsung terasa berbeda, karena warna ruangan yang lebih natural seperti abu-abu, hitam, dan putih, dan menyuguhkan desain kemewahan nyaman dan hangat untuk residential. 

MODULO membawa brand sistem lemari dari Tiongkok bernama Zbom, material batu sinter bernama Bottega Artisan, bahan kain dari Serba Antik, dan untuk pencahayaan dari brand Lightvolution. Modulo sejak 2018 memiliki koleksi desain furniture sendiri, namun mengutamakan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan customer mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. MODULO mengutamakan layanan yang tidak ada di brand lain. 

Saya rasa, kalo Anda bingung mau desain rumah dan bisnis seperti apa, selain lihat-lihat di Pinterest, perbanyaklah main ke showroom-showroom seperti ini. Kiranya akan mendapatkan sumber inspirasi yang “kayanya bisa nih pakai kursi ini, terus mejanya warna ini” lalu muncul mau mood ruangan dengan cat tembok warna apa, butuh pajangan tambahan seperti apa, dan ide-ide lainnya yang akan mengikuti, hingga terbentuk desain untuk bisnis atau rumah impian ala Anda.