Chef Kim Doeun Hadirkan BBQ Korea Asli di Tengah Kota Jakarta

Saya suka sekali korea barbeku bersama keluarga dan juga sahabat-sahabat saya. Selain makanannya yang enak, korea barbeku punya cara tersendiri untuk membuat kita lebih akrab. Dan baru-baru ini, Jakarta memiliki restoran korea barbeku baru, tepatnya di daerah Menteng, Jakarta Pusat. 

Namanya Doeun. Berawal dari usaha rumahan sederhana di Tangerang Selatan pada tahun 2017, Chef Kim Doeun memulai Doeun Kitchen dengan menawarkan makanan beku buatan sendiri, bumbu, saus, hingga scones. Beberapa tamu yang mengetahui masakan chef Doen meminta kelas memasak dan private dining. Sampai akhirnya bisnis ini beralih menjadi private dining yang sukses, hingga akhirnya Chef Doeun bersama sang suami yang adalah orang Indonesia, membuka restoran di Jakarta pada 17 September 2023. Sempat terhalang pandemi, namun Doen tidak putus asa. Di tahun 2024 ini, Doen kembali membuka pintunya.

Doeun dikenal karena cara tradisionalnya dalam memasak. Chef Doeun tidak menggunakan garam, gula, atau bahan tambahan langsung ke dalam masakannya. Bahkan Chef Doeun kerap kali mendapatkan saran hingga tips dari sang ibu. Resto ini mengandalkan teknik fermentasi panjang dengan rasa alami. Teknik ini diwarisi dari keluarga secara turun temurun diimbangi hasil studinya di Korea. Hasilnya, setiap hidangan di DOEUN punya rasa yang kaya, unik dan autentik.

Chef Douen membuka makan siang saya dengan mempersembahkan;

1. Prosciutto & White Peach

2.  Potato Jeon

3. Octopus & Gim Puree

4. Yuzaroll

Sedangkan untuk main course, chef Doeun membawakan beberapa hidangan; Butter Dry Aged Beef, Pork Belly - Original, Kimchi Bibimguksu, Woodae Galbi - Marinated, Diamond Cut Galbi, Gochujang Pork Belly, dan Subdubu Jiggae & Doisot Bimbimbab. 

Sebagai hidangan penutup, saya mencoba Japchae dan Haemul Pajeon, yakni seafood pancake ala Korea yang rasanya mengingaktan saya akan martabak telor. Tak lupa, chef Doeun memberikan hidangan pencuci mulut yang segar, Muscat Grape Bingso. Rasanya begitu nyaman di mulut, segar, dan tidak terlalu manis. 

Tiga hidangan yang paling saya suka adalah Pork Belly Original, Sundubu Jiggae, dan Sous Vide Octopus dengan Gim Puree. Wajib Anda coba saat berkunjung ke Douen, Jl. Yusuf Adiwinata No.29, RT.6/RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. 

Hidangan korea belum lengkap rasanya tanpa Makgeolli. Secara khusus, empat rasa Makgeolli Signature Series milik Douen dipersembahkan untuk ibunya dan keempat bibi chef Douen. Ada SunOk, MyeongOk, YangOk, dan MiOk.