#CLARALove: Tidak Semua Ingin Hadiah untuk Hari Kasih Sayang! Lalu, Apa?

Pernahkah Anda merasa tidak dicintai? Seolah-olah pasangan Anda tidak memperlakukan Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan? Seolah-olah hanya Anda yang menaruh energi lebih atas hubungan tersebut. Namun, pernahkah terpikir sebelumnya bahwa mungkin caranya saja yang berbeda? Saya pernah mendengar perkataan seseorang, hanya karena pasangan Anda tidak mencintai dengan cara yang Anda inginkan, tidak berarti dia tidak mencintai Anda dengan sepenuh hatinya. Tertampar? Tunggu sebentar.

Beberapa waktu lalu saya sempat diinfokan mengenai bahasa kasih (love language). Katanya, setiap orang memiliki bahasa kasih yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan cara penyampaian rasa sayang mereka pun berbeda. Bagaimana mereka ingin diperlakukan juga berbeda. Anda dapat melakukan tesnya di situs www.5lovelanguages.com!

Menyambut hari kasih sayang, bagaimana jika Anda dan pasangan saling belajar mengenai bahasa kasih satu sama lain. Meskipun, sebenarnya tidak butuh hari khusus untuk menunjukkan rasa sayang Anda, bukan?

Gift 
Ketika berbicara mengenai hadiah dalam bentuk materi atau barang, tidak semena-mena menandakan Anda atau pasangan adalah sosok yang materialistis. Anda tidak perlu memberikan barang dengan harga tinggi bagi mereka yang memiliki bahasa kasih ini. Hal-hal kecil yang menunjukkan bahwa Anda memperhatikan sang pasangan sudah cukup.

What to give: Cukup mudah bagi para perempuan, sebuket bunga dipastikan dapat membuatnya tersenyum lebar. Untuk para lelaki, bagaimana dengan memberikan jaket baru untuk mengganti jaket lamanya yang sudah dikenakan bertahun-tahun? Atau, mainan kesukaannya? You know, boys will always be boys. 

Quality Time
Ya, waktu yang berkualitas memang dibutuhkan dalam setiap hubungan. Namun, ada beberapa individu yang menitikberatkan poin ini. Waktu tidak berarti Anda perlu merencanakan satu hari khusus untuk berlibur ke luar kota. Sungguh, tidak serumit itu.

What to give: Luangkan satu hari di rumah tanpa terganggu dengan kehadiran orang lain. Anda cukup memesan makanan dari luar, menonton film, hingga berbicara tentang hidup. 

Words of Affirmation
Terkadang, selain aksi nyata, kata-kata manis dan membangun pun dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Apakah Anda senang ketika dikirimkan pesan panjang mengenai betapa bersyukurnya pasangan Anda untuk hubungan yang dijalin? Saya tahu, saya tidak sendiri dalam hal ini.  

What to give: Surat dengan tulisan tangan yang mengungkapkan hal-hal baik tentang pasangan Anda dan betapa bersyukurnya Anda karena memilikinya di dalam hidup ini. Yes, handwritten letter, please. 

Service
Pelayanan tidak berarti bahwa Anda atau pasangan adalah sosok yang manja atau bergantung pada orang lain. Terkadang, manja pun terlihat menggemaskan, bukan? Tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk memberikan treatment spesial kepada pasangan Anda.

What to give: Memasak hidangan kesukaan pasangan? Membersihkan rumah di akhir pekan? Mengantarkan pasangan ke kantor? 

Physical Touch
Apakah saya butuh memberikan penjelasan lebih lanjut? Oh, tentu. Jangan salah paham untuk hal yang satu ini. Sentuhan-sentuhan kecil seperti usapan di kepala atau pelukan hangat sudah membuat pasangan Anda merasa dicintai.

What to give: Well, still, you know better than me. Go figure! ;)