Apa Saja Pesan Kesuksesan dari 7 Perempuan Inspiratif Indonesia?

Kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki untuk mencapai kesuksesan kini kian terasa di Indonesia. Semua memiliki peluang sama besar untuk mencapai cita-cita, tanpa perlu melihat gender. Bagi Anda para perempuan yang kini tengah berjuang mencapai kesuksesan, kami secara eksklusif bertanya kepada 7 sosok perempuan inspiratif yang berhasil menduduki posisi tinggi di perusahaan-perusahaan besar, atau bahkan beberapa di antaranya berhasil mendirikan perusahaan berpengaruh bagi kehidupan banyak masyarakat Tanah Air. Are you going to be the next woman on top?

1. Novi Samodro, General Manager The Dharmawangsa Jakarta
Nama Novi Samodro di kalangan industri perhotelan Indonesia tentu tak lagi asing. Dengan pengalaman hampir 27 tahun di dunia perhotelan sebelum akhirnya bergabung dengan The Dharmawangsa Jakarta, Novi kini menjadi satu dari sedikit perempuan yang dipercaya menduduki posisi General Manager di sebuah hotel, apalagi di Indonesia. Sosok Novi yang mewakili kehebatan perempuan di tengah dominasi pria di bidang pekerjaannya, tentu menjadi hal yang sangat membanggakan. Ketika ditanya kunci sesuksesannya dalam berkarier, ia berkata, “Selalu melangkah dengan penuh keyakinan, jangan pernah kalah sebelum bertanding dan jangan jadikan gender sebagai penghalang dalam meraih kesuksesan".

 

2. Neneng Goenadi, Marketing Director Grab Indonesia
Sebagai salah satu perusahan transportasi pilihan masa kini, Grab semakin giat mengutamakan kesetaraan, serta kesejahteraan perempuan. Hal ini juga terlihat ketika di awal tahun 2019, Grab Indonesia mengumumkan penugasan seorang perempuan, Neneng Goenadi, sebagai Marketing Director. Dalam bincang santai saya bersamanya, Neneng sempat pula menginformasikan bahwa sebagian besar pemimpin departemen di bawah supervisinya juga merupakan perempuan. "Yang membedakan perempuan dan laki-laki adalah cara berpikir. Perempuan memiliki unsur memimpin dengan hati," ujarnya. Ia menambahkan, "Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar karena belajar itu merupakan proses yang selalu berjalan seumur hidup".

 

3.  Lizzie Parra, Content Creator & Founder BLP Beauty
Lizzie Parra menjadi salah satu bukti nyata akan kesuksesan seorang perempuan yang meniti kariernya berdasarkan passion. Mengawali karier sebagai seorang manajer di perusahaan multinasional, kemudian ia memutuskan untuk berpindah haluan sesuai dengan kegemarannya, yaitu merias wajah. Ia kemudian mengulang kembali jalur karier menjadi seorang perias, hingga akhirnya di tahun 2011 lalu, Lizzie mengunggah video tutorial rias wajah pertamanya di Youtube. Kini Lizzie memiliki pengikut sebanyak 102,351 di Youtube dan lebih dari 166 ribu followers di Instagram. Di saat bersamaan, ia juga sibuk menjalani bisnis kosmetiknya bernama BLP Beauty yang diluncurkan tahun 2016 lalu.

 

4. Petty Elliott, Juru Masak, Konsultan Kuliner, dan Penulis Buku Kuliner
Petty merupakan salah satu pejuang kuliner kebanggaan Indonesia. Beragam aktivitas dilakukannya dengan tujuan mempromosikan kekayaan kuliner Tanah Air, bukan hanya di level nasional, tetapi juga internasional. Beberapa buku yang membahas resep dan bahan masakan nusantara telah ia terbitkan, seperti buku berjudul "Jakarta Bites: Exploring Vibrant Street Food from the Heart of Indonesia (2016)". Selain itu, Petty Elliott juga kerap diercaya menjadi narasumber untuk beragam seminar kuliner dan demo memasak. Di tengah kesibukannya, ia juga aktif bekerja sama dengan Yayasan Wisma Cheshire dalam membantu para penyandang disabilitas.

"Kesuksesan dalam berkarier adalah sebuah perjalanan hidup, di mana kita sudah menemukan talenta dan jati diri kita, serta percaya bahwa karier yang kita geluti bermanfaat dan berarti bagi diri sendiri dan orang lain, dengan spirit  untuk berkolaborasi dan menjadi pioner," ucap Petty. Ia melanjutkan, "Seseorang yang sukses memiliki waktu untuk bisa menikmati, melihat dan menghargai budaya dari satu komunitas, daerah atau satu negara".

 

5. Ria Miranda, Modest Fashion Designer
Melalui label modenya dengan nama RiaMiranda, perempuan kelahiran Sumatera Barat ini tak hanya sukses menancapkan namanya sebagai salah satu perancang busana muslim terdepan di Indonesia, tetapi ia juga mampu membentuk sebuah komunitas pencinta modest fashion di era kini. Butiknya kini tersebar di belasan daerah Tanah Air, seperti Banda Aceh, Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Makassar, juga Surabaya. Sah rasanya jika menobatkan Ria Miranda sebagai salah satu perempuan berpengaruh di industri mode hijab Indonesia.

"Perempuan sukses itu yang dapat membuat keseimbangan antara personal aktualisasi di lingkungan karier, maupun sosial dengan perannya sebagai seorang ibu dan istri di keluarga. Karena wanita punya peran besar untuk mencetak generasi penerus bangsa, dimulai dari keluarga sendiri," ucap Ria. "Sukses bukan hanya sekadar posisi karier dan materi yang diperoleh, tapi dengan melihat bagaimana anak-anaknya bisa menjadi bagian positif dan penting dalam kemajuan negara ini. Untuk saya pribadi, karier saya ada dua, yaitu fashion designer dan ibu rumah tangga". 

 

6. Halina Ng, Marketing Director Senayan City 
Menjadi seorang Marketing Director untuk sebuah properti pusat perbelanjaan di Indonesia pastinya bukanlah perkara mudah. Dan dengan bangga, saya menginformasikan bahwa seorang perempuan bernama Halina Ng, kini menduduki posisi tersebut di Senayan City. "Pada masa sekarang, perempuan Indonesia semakin dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman. Semakin banyak pula pemegang keputusan dan penentu tujuan diambil oleh perempuan. Ini menjadi sebuah fenomena bahwa perempuan Indonesia sudah mulai sejajar dalam menyuarakan pendapat," ujar Halina.

"Sukses dalam berkarier memerlukan ketekunan yang besar, melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan kesabaran serta faktor kepercayaan diri yang tinggi akan kemampuan yang kita miliki menjadi kunci dalam menyukseskan diri kita. Di manapun saya berada, kombinasi dari rumus ini menjadi pedoman dan moto hidup saya agar terus belajar dan  mengembangkan diri. Itulah pesan yang dapat saya bagikan untuk para perempuan inspiratif Indonesia, untuk tidak berhenti mengembangkan diri," tambahnya.

 

7. Endah Susilaningtyas Afiff, President Commisioner & Co-Founder DAYA Lima
Mengawali karier sebagai Finance and Management Consultant, kemudian menjalani 14 tahun di dunia bisnis dan sales, Endah kini menduduki posisi sebagai President Commisioner & Co-Founder dari DAYA Lima, yakni sebuah perusahaan bidang rekrutmen sumber daya manusia. Berbekal pengalaman 20 tahun di dunia consulting, ia telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan di beragam industri, mulai dari perbankan hingga perminyakan.