Berkembangnya penggunaan media sosial nyatanya meningkatkan interaksi antar sesama pengguna di dalamnya. Sayangnya, tidak semua interaksi yang terjadi bisa tergolong positif. Kadangkala, ada  netizen yang justru berlaku tidak sopan. Hal ini kerap terjadi kepada orang asing yang mungkin tidak mereka kenal. Ya, para artis pun menjadi target yang tidak luput dari hal ini.

Bisa ditemukan ada beberapa artis yang sering menjadi sasaran empuk dari netizen bandel ini. Tidak jarang mereka mendapatkan cemoohan, khususnya mengenai ejekan fisik. Body shaming menjadi hal yang lazim dalam kehidupan para artis terkemuka. Ejekan terhadap bentuk tubuh para artis pun bisa sering terlihat meramaikan akun beberapa artis.

Untungnya, dewasa ini semakin banyak para artis yang sadar akan perilaku tak sopan ini. Banyak dari mereka menyerukan tentang pentingnya body positivity yang tentunya bisa menginspirasi banyak orang. Pengangkatan topik ini juga sekaligus membuat para netizen menjadi sadar bahwa perilaku mempermalukan tubuh seseorang tidaklah sepatutnya dilakukan.

Berikut deretan artis yang bisa dijadikan sebagai panutan dalam menyebarkan semangat body positivity.

Rihanna

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh badgalriri (@badgalriri) pada

Penyanyi berkebangsaan Barbados dengan nama asli Robyn Rihanna Fenty ini menjadi salah satu artis yang patut dijadikan contoh. Pasalnya, pada tahun 2017 ia meluncurkan brand perias wajah miliknya: Fenty Beauty. Brand ini mengeluarkan foundation dengan shade yang sangat beragam dari warna gelap hingga terang. Pada tahun 2018, Rihanna kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan brand lingerie yang menawarkan ukuran dari XS hingga 3XL. Dengan peluncuran label miliknya ini, Rihanna berusaha untuk mengatakan pada dunia bahwa seseorang tidaklah ditentukan oleh warna kulit atau ukuran tubuhnya. Tentu dua hal yang kerap kali masuk ke dalam daftar pergumulan para perempuan, bukan?

Serena Williams

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Serena Williams (@serenawilliams) pada

Petenis tunggal putri ini terkenal karena kemampuan bermain tenisnya yang sangat unggul. Namun, ada saja netizen yang mengomentari bentuk tubuh Serena yang memang terlihat muskular dibandingkan tubuh perempuan pada umumya. Dalam salah satu wawancara ia berkata sambil menunjuk ke arah otot bisep miliknya, "this is me, and this is my weapon and machine." Sebuah pernyataan yang begitu kuat mengingatkan bahwa setiap manusia berhak merasa bangga atas tubuhnya sendiri. Serena tidak pernah bungkam jika ada topik bahasan mengenai body shaming dan ia menjadi salah satu artis yang dapat menjadi contoh untuk body positivity.

Jameela Jamil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jameela Jamil (@jameelajamilofficial) pada

Aktris pemeran Tahani Al-Jamil dalam serial The Good Place ini merupakan aktivis body positivity yang bisa dibilang cukup militan. Pengalaman buruk yang ia alami semasa usia sekolah menjadi pelajaran berharga yang ia terus bagikan kepada kaum hawa. Ia melahirkan gerakan @i_weigh di Instagram yang mengajak orang-orang untuk menilai diri mereka sendiri lebih dari sekadar fisik semata. Ia terus menegaskan bahwa “cantik” bukan hanya dilihat dari fisik saja. Melainkan juga dari prestasi, akademik, hobi, pencapaian positif, dan lain sebagainya. 

Amy Schumer

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @amyschumer pada

Aktris ini memang sudah terbiasa vokal untuk topik seperti body positivity. Ia sering tampil percaya diri dengan dirinya dan membagikan hal positif tersebut ke banyak orang. Salah satu fans-nya pernah mengedit foto Amy sehingga ia tampak kurus di sebuah foto. Amy secara personal kemudian memberikan komentar pada hasil editan tersebut, "I disagree. I like how I really look. That's my body. I love my body for being strong and healthy and sexy. I look like I'd give a good hug or have a drink with you. The other picture looks nice but it's not me. Thanks for sharing your thoughts as well. See, we're both right."

Chrissy Teigen

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh chrissy teigen (@chrissyteigen) pada

Istri dari penyanyi John Legend ini memang sudah terkenal aktif di media sosial. Setelah melahirkan anak keduanya, Chrissy sadar ia mengalami perubahan bentuk tubuh yang cukup signifikan. Namun, hal tersebut tidak membuatnya lantas tidak percaya diri. Ia menuliskan caption “mom bod alert!” dalam salah satu unggahan foto dirinya saat sedang berlibur di Bali. Apa yang dilakukan Chrissy ternyata menginspirasi banyak orang lainnya untuk lebih percaya diri dengan tubuh milik mereka.

Saat ini body positivity bisa membantu banyak orang untuk lebih bisa menerima diri mereka sendiri secara utuh dan jujur. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa percaya diri dengan keadaan saat ini? Ah, satu hal lagi, dibandingkan dengan memberi fokus pada komentar negatif, bagaimana jika mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menerima Anda apa adanya? Dunia akan terasa lebih indah, bukan?