Tren Warna 2021: There is Hope in The Dark Times

Color speaks louder than words! Berdasarkan hasil penelitian, warna mampu memberi efek psikologi tersendiri bagi setiap orang, bahkan dapat memengaruhi keputusan, reaksi, serta sikap seseorang dalam bertindak. Ini yang saya butuhkan, semangat segar untuk memulai lembaran baru di tahun 2021. 

Meski telah memasuki pergantian tahun, nyatanya stay at home masih wajib dilakukan di tahun ini. Bagi Anda yang sudah mulai bosan dan jenuh dengan suasana di rumah atau ruang kerja, mungkin memberi warna pada ruangan akan memberi suasana fresh, sehingga pengalaman stay at home Anda menjadi lebih menyenangkan. Apa pilihan warna yang paling menggambarkan diri Anda? 

Desember tahun lalu, Pantone Color Institute, sebagai unit bisnis yang dianggap kredibel dalam memperkirakan tren warna global memilih dua warna yang disinyalir akan menjadi tren di tahun 2021. Ini merupakan kedua kalinya Pantone memilih dua warna sekaligus sebagai tren warna setelah 22 tahun. Kedua warna yang terpilih adalah PANTONE 17-5104 Ultimate Grey dan PANTONE 13-0647 Illuminating.

'Ultimate Grey dan Illuminating trend warna 2021 yang dipilih Pantone' (Foto: Dok. Pantone)

Pantone menyebut dua warna ini sebagai dua warna yang independen, namun saling melengkapi, melambangkan unity dan mutual support


"The union of an enduring Ultimate Gray with the vibrant yellow Illuminating expresses a message of positivity supported by fortitude. Practical and rock solid but at the same time warming and optimistic, this is a color combination that gives us residence and hope. we need to feel encourage and uplifted; this is essential to the human spirit".
- Leatrice Wiseman, Executive Director of The Pantone Color Institute
 

PANTONE 13-0647 Illuminating yang menggambarkan suasana cerah terlihat kontras dibandingkan dengan PANTONE 17-5104 Ultimate Grey. Perpaduan kedua warna ini katanya menghasilkan nuansa optimisme dan juga melambangkan kekuatan dan ketabahan. Sangat cocok untuk menggambarkan dua tahun terakhir, bukan? Setelah melewati tahun 2020 yang bisa dikatakan sebagai tahun yang cukup berat, kedua warna ini seakan memberikan harapan dan semangat baru. A marriage of color conveying a message of strength and hopefulness that is both enduring and uplifting.

'Limited Edition Cortado Cup, Pantone Color of The Year 2021' (Foto: Dok.Pantone)

Namun berbeda dengan Pantone, Benjamin Moore, salah satu brand cat ternama dari Amerika Utara, memilih Aegan Tael 2136-40 sebagai tren warna 2021. Aegan Tael 2136-40 merupakan pencampuran warna blue-green dan gray yang menggambarkan suasana fun, balance dan calming

'Aegan Teal, Tren Warna 2021 pilihan Benjamine Moore' (Foto: Dok. Benjamin Moore)

Selain Aegan Tael, Benjamin Moore juga mengeluarkan 11 warna lainnya yang cocok untuk dikombinasikan dengan warna Aegan Tael 2136-40.

'12 Color Palette 2021 pilihan Benjamin Moore' (Foto: Dok. Benjamin Moore)

CLARA telah merangkum beberapa pengaplikasian warna tren 2021 sebagai inspirasi untuk Anda di tahun 2021. Here we go!

'Can Tho House, Vietnam karya Landmak Architecture' (Foto: Quang Dam)

Menggunakan warna kuning pada daun jendela menjadi fokus point, membuat tampak keseluruhan bangunan menjadi terlihat kontemporer, selain itu penggunaan warna kuning pada handrail tangga membuat garis batas tangga terlihat lebih tegas. Warna kuning merupakan warna yang paling mudah terlihat oleh mereka yang memiliki gangguan visual, seperti rabun mata pada lansia. Selain itu, warna kuning pada handrail juga bisa berfungsi sebagai aksen yang memberi nafas segar. 

'The Yellow Box by Traanspace' (Foto: Dok. Tejas Shah Photography)

Meskipun desain klasik terbilang timeless, dominasi warna off-white dapat membuat ruangan terlihat membosankan. Dengan menggunakan warna turunan dari warna Teal, ruangan Anda dapat tampak lebih homey.

Foto: Dok. Atelier CVD
Foto: Dok. Jgremaulie Soefer
Foto: Dok. Atelier CVD

Tidak hanya pada elemen interior saja, Anda bisa mengganti tampilan upholstery, loose furniture, lighting atau aksesori, agar ruang terlihat lebih segar dan berwarna.  

'Grema Pillowby Safavieh Furniture' (Foto: Dok.Safavieh Furniture)
Foto: Dok. Jonathan Adler
'Scotty chandelier, by the designers of WINDFALL' (Foto: Dok. Gaia Di Palma)
'Eden chandelier by WINDFALL' (Foto: Dok. Gaia Di Palma)
'Thanks A Bunch rug, designed by Studio Job for NODUS' (Foto: Dok. Gaia Di Palma)
'Moon rug, by Peter Rankin for NODUS' (Foto: Dok. Gaia Di Palma)

Jadi tidak sabar untuk segera menata kembali ruang di rumah. Semoga dengan melakukan permainan warna, meskisederhana, dapat mengembalikan semangat di tahun baru. Let the color lift up your spirit!