Tidak ada New York hari ini.
Tidak ada New York kemarin.
Aku sendiri dan tidak berada di sini.
Semua orang adalah orang lain.

-Tidak Ada New York Hari Ini, Aan Mansyur
 

Masih ingat dengan syair di atas? Terasa sangat familiar bukan? Khususnya bagi Anda penggemar serial film Ada Apa dengan CInta. Ya, syair di atas merupakan sepenggal puisi 'Tidak Ada New York Hari Ini', yang ceritanya dibuat oleh Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta 2, tayang tahun 2016 lalu. Setelah sukses dengan serial AADC 1 dan 2, Mira Lesmana dan Riri Riza kembali hadir dengan karyanya yang siap memukau para penggemarnya. 

Tidak ingin menjadikan pandemi sebagai alasan untuk berhenti berkarya bagi para sineas bangsa, OPPO Find X2 Series, menunjukkan komitmennya dalam mendukung industri seni dan kreatif Indonesia untuk bangkit di masa pandemi. Lewat proyek kolaborasi bersama Miles Films, OPPO Find X2 Series mempersembahkan serial ilustrasi puisi ‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’ dengan tetap menggaet Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser dalam film ini.

"Proyek istimewa ini melibatkan seniman-seniman ternama, serta mengombinasikan puisi, musik, seni rupa, dan video animasi untuk menghasilkan sebuah karya yang sangat menyentuh dan dapat dinikmati bersama”, ujar Andri Hilary, selaku Creative Strategic Planner OPPO Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miles Films (@milesfilms)

‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’ diangkat dari buku kumpulan puisi dengan judul sama, karya Aan Mansyur. Mira Lesmana menjelaskan, "[Buku ini -red] merupakan buku kumpulan puisi dari film Ada Apa Dengan Cinta 2, yang terinspirasi dari tokoh Rangga. Aan Mansyur sendiri adalah seorang penyair muda yang karya-karyanya merupakan investasi penting dunia sastra Indonesia. Kami mengembangkan puisi ini menjadi format film animasi pendek, untuk mengapresiasi sastra Indonesia sekaligus mempersembahkan sebuah karya unik".

Ia pun menambahkan, "Aan Mansyur adalah sosok yang saya kagumi. Saya sangat suka dengan puisi dan saya merasa sangat relate dengan karya-karya beliau". Mira mengungkapkan kebahagiaannya bisa bekerja sama dengan OPPO Indonesia dalam serial ini, "Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan OPPO Find X2 Series untuk mempersembahkan sebuah proyek kreatif yang mampu mengungkapkan suasana saat ini di tengah pandemi".

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miles Films (@milesfilms)

Mira menjelaskan kronologi awal munculnya inspirasi untuk mengangkat karya-karya Aan ke dalam film animasi ‘Tidak Ada New York Hari Ini'. Ia bersama rekannya, Riri Riza terus memikirkan ide untuk menghasilkan suatu karya yang dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan ini. "Saya dan Riri terus melakukan brainstorming, mencari ide bagaimana caranya kita bisa tetap berkarya dengan segala keterbatasan selama masa pandemi ini. Lalu saya mengatakan kepada Riri, inget nggak dulu kita sempat mau mengangkat puisi-puisi Rangga di film AADC 2, dan kami merasa ini lah saat yang tepat untuk mewujudkan ide kami yang tertunda itu. Dan memang beberapa dari puisi-puisi tersebut sangat menggambarkan kondisi kita saat ini".  
 

Kadang-kadang, kau pikir,
lebih mudah mencintai semua orang
daripada melupakan satu orang.
Jika ada seseorang
yang terlanjur menyentuh inti jantungmu,
mereka yang datang kemudian
hanya akan menemukan kemungkinan-kemungkinan.
- Pukul 4 Pagi, Aan Mansyur
 

Aan Mansyur pun merasa senang bisa melakukan kolaborasi ini. "Saya sangat kaget dan senang ketika Mira Lesmana mengajak saya untuk berkolaborasi membuat puisi-puisi untuk Rangga, dan ini merupakan tantangan yang besar bagi saya. Tapi justru tantangan ini yang membuat saya setuju untuk mengambil project ini". Aan mengaku, ia tidak familiar dengan kota New York, "Saya melakukan banyak riset saat mengerjakan puisi-puisi ini, khususnya tentang kota New York, yang saya buta sama sekali. Dan sosok Rangga memiliki pemikiran yang sangat kompleks dan rumit, saya pun berusaha menyelami dan memposisikan diri saya sebagai Rangga. Apa yang akan Rangga pikirkan atau lakukan jika ia berada di kondisi ini, bagaimana ia akan menulis puisi-puisi ini, sehingga terciptalah puisi-puisi ini".

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miles Films (@milesfilms)

Terdapat 31 kumpulan puisi di dalam buku ‘Tidak Ada New York Hari Ini', "Sebenernya ada banyak sekali puisi yang saya tulis, dan baru dipilih menjadi 31. Waktu memilih ini pun, saya memposisikan diri saya sebagai Rangga, kalau dia harus memilih, puisi apa saja yang akan ia pilih", ujar Aan. Dari total 31 puisi yang terdapat di dalam buku ‘Tidak Ada New York Hari Ini', hanya 4 yang terpilih dan diilustrasikan dalam format film animasi pendek dengan melibatkan ilustrator-ilustrator berbakat Indonesia yaitu Wulang Sunu, Lala Bohang, Rhesa, dan Pinot. “Kami senang dapat berkolaborasi dengan Wulang Sunu, Rhesa, Lala Bohang, dan Pinot yang telah menuangkan kreativitas mereka ke dalam proyek film animasi pendek ini. Meskipun semua interaksi dilakukan secara online karena keempat ilustrator berlokasi di kota berbeda yaitu Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan New York, namun hasilnya tetap optimal dan menjadi salah satu karya yang dapat dibanggakan", ujar Riri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M Aan Mansyur (@aanmansyur)

Wulang Sunu adalah seorang ilustrator berdomisili di Yogyakarta beraliran psychedelia yang kerap membawakan warna-warna kuat dan ilustrasi wayang Jawa yang begitu kental. Dalam film animasi ini, Wulang Sunu mengilustrasikan puisi ‘Pukul 4 Pagi’. Sedangkan Rhesa, yang dikenal sebagai musisi, kali ini menunjukkan bakatnya sebagai ilustrator dengan menggambarkan New York dan kerinduan hati Rangga dari puisi ‘Memandang Dunia dari Jendela Kafe’. Lala Bohang menggambarkan kegelisahan dari puisi ‘Aku Tidak Pernah Betul-Betul Pulang’, yang sangat berkaitan dengan kondisi saat ini.

Dan yang terakhir, Pinot dikenal sebagai ilustrator yang menghasilkan karya dengan spontanitas tinggi dan teknik Stop Motion, sehingga menghasilkan ilustrasi puisi ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ yang sangat mencerminkan ciri khasnya. Keempat video animasi diiringi musik-musik karya Anto Hoed yang juga menjadi scoring film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang begitu indah dan membawa penonton semakin menyelami pemaknaan baru dan menarik terhadap puisi-puisi dari buku Tidak Ada New York Hari Ini.

Animasi ini menggunakan sudut pandang Rangga sebagai narator yang membacakan isi dari puisi tersebut. Jika berbicara tentang Rangga, selalu ada satu sosok pria yang langsung terbayang dalam benak saya. Ya, film ilustrasi ini tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran Nicholas Saputra. Mira dan Riri kembali mengajak Nicholas Saputra dalam film ini sebagai narator. "Kami juga sangat senang dapat kembali bekerja sama dengan Nicholas Saputra yang kami percaya mampu mengartikulasi dengan baik dan menjiwai makna di balik setiap bait keempat puisi tersebut", ujar Riri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miles Films (@milesfilms)

Sang pemeran Rangga, Nicholas Saputra juga turut menambahkan, “Kumpulan Puisi Aan Mansyur ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ adalah salah satu karya yang begitu berkesan bagi saya. Karena itu, merupakan kebanggaan dan kehormatan dapat menjadi bagian dari proyek istimewa ini. Saya sangat mengapresiasi OPPO Find X2 Series dan tim Miles Films yang sangat inspiratif dengan menggabungkan puisi dan animasi pendek, sehingga dapat mendorong kembali semangat para pelaku industri seni dan kreatif Indonesia untuk berkarya di situasi seperti ini.
 

"Kami berharap melalui berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh OPPO Find X2 Series maupun OPPO Find X3 Series, para pengguna akan selalu berani menembus batas dalam berkreasi,”
- Andri Hilary, Creative Strategic Planner OPPO Indonesia
 

Memahami bahwa warna memiliki peran penting dalam kehidupan untuk mengekspresikan diri, OPPO menyempurnakan fitur sistem warna melalui Full-path Color Management System pada OPPO Find X3 yang akan hadir pada Maret 2021 mendatang. Sistem ini menghasilkan rentang warna yang lebih luas dan mampu mendeteksi warna lebih baik seperti aslinya, tanpa mengompresi resolusi visual pada saat di-share melalui aplikasi media sosial. Pengguna lebih bebas berkreasi mengambil gambar atau video baik di dalam maupun luar ruangan dan tetap mendapatkan hasil dengan warna yang sama dengan aslinya di setiap detilnya. Dengan kualitas layar terbaik, OPPO Find X2 Series mampu mendukung proses pembuatan serial ilustrasi puisi ini, menghadirkan gambar dan video dengan warna yang kaya dan berkualitas. Proyek ini merupakan jembatan dari OPPO Find X2 Series menuju OPPO Find X3 Series yang lebih kaya akan spektrum warna.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miles Films (@milesfilms)

Serial ilustrasi puisi ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ telah ditayangkan melalui akun resmi Youtube OPPO Indonesia dan Miles Films mulai 10 Desember 2020, dengan tayangan perdana “Behind The Scene – Tidak Ada New York Hari Ini” kemudian diikuti ‘Aku Tidak Pernah Betul-betul Pulang’ pada 13 Desember 2020, ‘Memandang Dunia dari Jendela Kafe’ pada 16 Desember 2020, ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ pada 19 Desember 2020, dan ‘Pukul 4 Pagi’ pada 22 Desember 2020. Keempat film animasi pendek ini dapat dinikmati hingga Desember 2022 mendatang. Anda dapat menyaksikannya, klik di sini.