The Better Past; Indeed It Is.

Bold and confident. That’s it. No other words can describe it well than those two. Fashion Nation yang diselenggarakan oleh Senayan City kembali lagi di tahun 2020 membawa sejumlah desainer Indonesia ke runway mereka, tanpa terkecuali brand streetwear.

Ya, kali ini pun brand yang mengusung gaya streetwear kembali lagi dalam runway.  Dibawakan oleh Urban Sneaker Society dengan mengusung tema “The Better Past”,  pertunjukan kali ini membawa semangat dari tiga era yang berbeda. Tiga era itu adalah era 70-an dengan tema The Rise of Anarchy, era 80-an dengan tema Retrowave, dan era 90-an dengan tema Nostalgia. Tidak berhenti di sana, fashion show ini juga didukung oleh brand - brand ternama. Dimulai dari label internasional seperti Puma dan Converse hingga label lokal yang semakin dikenal seperti Cashless, Hattaco, Cosmonauts, Admision, Nindito, Poison Street, dan Seji. Dan sebagai seorang milenial penyuka streetwear, saya teramat menyukai tiap sequence yang diperlihatkan.

 

(Foto: Dok. Urban Sneaker Society)

Bagaimana tidak? Bold color pops, oversized silhouette, baggy pants and sneakers are my personal go-to-combination. Ditambah dengan twist dari era yang telah berlalu, seperti aksesori messanger bag warna warni serta sneakers classic membuat fashion show ini lebih menanamkan kesan bagi siapapun yang menontonnya.  

(Foto: Dok. Urban Sneaker Society)

Gaya yang sangat lekat dengan generasi millenial ini mungkin terkesan cukup menantang, dibandingkan dengan gaya kontemporer khas Indonesia yang anggun  dan posh. Streetwear lebih mengedepankan gaya dan minat personal dari penggunanya. Cukup sulit untuk dijelaskan, karena streetwear memang lebih bebas dan tanpa aturan. Seperti memakai atasan berwarna merah muda dan celana berwarna biru, ditambah dengan slingbag berwarna oranye yang tentu bukan kombinasi biasa. Tapi begitulah, menurut saya pribadi, inilah seni dari streetwear. Saat menonton sebuah runway dari streetwear fashion saya memang berharap tidak ada aturan yang berlaku. Bebas sebebas - bebasnya demi melihat sesuatu yang baru dan segar dalam runway Indonesia. Dan, Urban Snear Society x Fashion Nation berhasil membawakannya dengan baik. 

(Foto: Dok. Urban Sneaker Society)

Melihat fashion show yang ditampilkan oleh USS ini berjalan dengan baik, saya memiliki harapan yang besar untuk perkembangan streetwear dan desainer lokal di tanah air. Bukan untuk menggantikan budaya yang ada, tapi lebih menambah keberagaman dunia mode Indonesia. Let's wait and see the growth!