Sportmax Spring/Summer 2020, Interpretasi Baru dari Tema Nautical

Pada Milan Fashion Week 2019, Grazia MalagoliFashion Director dari Sportmax—berhasil menginterpretasikan koleksi Spring/Summer 2020 dari Sportmax menjadi sesuatu yang unik dan berbeda. Sportmax memang dikenal dengan beragam inovasinya yang menunjukan craftmanship khas Italia dan seringkali mengeskplor konsep feminitas yang inkonvensional dengan gaya yang timeless.

Kali ini, dengan mengambil tema seaside, naratif yang disampaikan melalui koleksi terbaru ini adalah sebuah perjalanan menuju kebebasan yang terinspirasi dari karya-karya Daniel Wurtzel, seorang seniman asal New York yang terkenal dengan karya dan instalasinya di bidang seni pahat kinetik. Karya Daniel yang seakan-akan membebaskan jiwa ini menginspirasi Grazia dan timnya untuk mengkombinasikan konsep neo-romantic feminity dengan gaya tailoring yang khas dari Sportmax. Estetika ini memainkan konsep seputar lightness, movement dan femininity.

Koleksi terbaru ini bermain dengan kontras antar silhuet structured yang khas dari Sportmax dengan silhuet fluid yang terinspirasi dari pahatan kinetik milik Daniel Wurtzel. Hal ini ditunjukan dengan perpaduan tailored suit dengan bagian lengan yang sheer dan flowy, ataupun dalaman sheer blouse tipis.

(Foto: Dok. Sportmax)

Selain itu, koleksi Spring/Summer 2020 ini juga didominasi oleh tailored leather peacoat, kaftan, shirt dresses, sheer blouse bermotif dan flowy summer dresses yang didesain menyerupai sebuah layar kapal serta dilengkapi dengan aksen leather collars, cuff dan harnesses. Teknik draping yang digunakan juga terlihat jelas dalam koleksi ini, memberi kesan yang lebih feminim pada busana yang ditampilkan.

(Foto: Dok. Sportmax)

Palet warna dari koleksi ini terdiri dari warna-warna yang lembut dan netral, mulai dari warna putih, dusty pink, cornflower blue, indigo, hingga soft grey. Namun, beberapa look dari koleksi ini juga diwarnai oleh warna-warna gelap seperti navy dan hitam.

(Foto: Dok. Sportmax)

Busana dalam koleksi ini dilengkapi dengan aksesori pelengkap seperti sandal ankle-wrap dengan rounded leather cords, sneakers dengan tampilan futuristik, topi dari bahan leather yang sporty, bucket bags dan eyewear yang memiliki bentuk yang unik.

(Foto: Dok. Sportmax)

Saya sendiri sangat menyukai koleksi Spring/Summer 2020 dari Sportmax ini. Menurut saya, koleksi yang ditampilkan sangatlah dinamik dan unik. Grazia Malagoli menciptakan sebuah interpretasi yang unik dan berbeda dari tema nautical, sehingga tidak terkesan membosankan.