Prayer Mat with Ikat Motifs: A Collaboration of Ikat Indonesia and Lasouk

Yes, you heard it right. Ikat Indonesia baru saja mengeluarkan koleksi sajadah pertamanya bersama Lasouk, sebuah jenama ternama untuk sajadah.

Memang benar, ada banyak hal baik yang sebetulnya dapat dilihat dari sisi lain pandemi ini. Salah satunya adalah Didiet Maulana, perancang mode Ikat Indonesia, yang mengambil keadaan menjadi sebuah kesempatan. Di saat orang lebih memilih (dan lebih baik) membawa dan menggunakan sajadah sendiri, Didiet dalam brand-nya, Ikat, memulai kolaborasinya dengan Lasouk yang sebelumnya telah bertemu pada sebuah kesempatan di Jakarta. Siapa yang menyangka, bahwa kemudian kolaborasi ini berlanjut, membuahkan hasil untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Indonesia ke pasar internasional. See? There’s always a blessing in disguise!

Didiet Maulana, Nadja Felgenheier dan Heikal Gani (Foto: Dok. Ikat)

Lasouk sendiri sudah hadir di mancanegara, seperti Singapura, Malaysia, UAE, dan juga Indonesia. Sang founder, Nadja Felgenheier dan Heikal Gani terkenal senang mengangkat budaya yang unik untuk menjadi inspirasi koleksinya. Sebelumnya, ada koleksi budaya Maroko, dan kini giliran motif Ikat Indonesia. Tiga sajadah berbahan suede dengan print Ikat yang dicetak tinta berbahan dasar air ini, menjadi kolaborasi antar negara yang membanggakan.

 

Andjani Prayer Mat

Andjani Prayer Mat (Foto: Dok. Ikat)

Berwarna terakota seperti kesuburan tanah Indonesia, sajadah ini mengangkat motif tenun ikat yang menyatu, juga aksen tumpal di bagian tengah yang melambangkan persatuan, keseimbangan dan harapan baik.

 

Ghalia Prayer Mat

Ghalia Prayer Mat (Foto: Dok. Ikat)

Mengilustrasikan negara kepulauan Indonesia, sajadah Ghalia memadukan warna hijau kebiruan, cokelat dan garis biru seperti bahari. Selain itu motif ikat yang saling berkesinambungan melambangkan kepercayaan yang tulus.

 

Shabira Prayer Mat

Shabira Prayer Mat (Foto: Dok. Ikat)

My most favorite of the collection, Shabira. Sajadah ini berwarna biru dengan perpaduan merah seakan melukiskan langit senja Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa. Aksen menjalar yang bertautan pada motif ikatnya melambangkan keharmonisan dan persatuan di bawah cakrawala Indonesia. Ketiga sajadah ini bisa didapatkan di www.theikatindonesia.com, atau e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Zalora, JD.id, dan Bobobobo.com.

 

Segala sesuatu ada maknanya. Dari hal paling buruk sekalipun seperti pandemi ini. Thank you, Ikat and Lasouk, may this collaboration also be a reminder for us to keep fervent in prayer.