Perjalanan Mencari Talenta Muda di Dunia Kuliner Indonesia

Dunia memang tidak akan pernah kehabisan insan bertalenta, baik pada generasi apapun  dan dari belahan dunia manapun, termasuk di Nusantara. Nampaknya hal ini yang juga dipercaya oleh sebuah merek produk dairy asal Percancis, Elle & Vire Professionnel. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar merek tersebut, karena produk-produknya kerap dilihat di berbagai pasar swalayan terkemuka dan restoran ternama, bahkan digunakan sebagai bahan utama para profesional di bidang bakery, pastry, dan katering. Yang menarik perhatian, adalah bagaimana Elle & Vire Professionnel yang berdiri sejak 1945 masih terus memegang teguh nilai utama mereka dari generasi ke generasi; Kali ini melalui kampanye global bertajuk “The Values We Share”.  

Foto: Dok. Elle & Vire Professional

Terdapat empat nilai utama Elle & Vire Professional menurut para peternak produk dairy, serta komunitas koki global pengguna produk-produk Elle & Vire Professional. Yang pertama tentunya adalah Rasa yang meningkatkan kualitas kreasi para koki. Yang kedua, Asal-usul bahan yang digunakan untuk memasak hidangan berasal aseli dari Perancis. Nilai ketiga tak lain adalah Keunggulan yang memberikan rasa aman bagi para koki untuk mengolah produk-produk Elle & Vire Professional. Dan yang keempat adalah Alam yang merepresentasikan kebanggaan para koki dalam menggunakan produk berbahan mentah sealami mungkin. 

Dalam rangka berbagi keempat nilai tersebut ke generasi muda Indonesia, Elle & Vire Professional kembali menggelar ajang tahunan “The Values We Share”, yang dimulai dari 1 Oktober 2022 lalu. Melalui kampanye ini, para talenta muda Indonesia usia 17 - 30 tahun diundang untuk ikut bergabung dalam kompetisi memasak. 

Foto: Dok. Elle & Vire Professional

Enam peserta yang lolos ke babak final akan diumumkan pada 10 Februari 2023 mendatang dan wajib mengikuti kompetisi di Jakarta pada 25 Februari 2023. Di babak final, para finalis akan ditantang untuk membuat empat porsi hidangan penutup mulut pilihan mereka dalam waktu 120 menit. Tantangan memasak ini dilakukan di depan empat juri: Chef Gilles Marx dari restoran Amuz; Chef Sacha Lefebvre dari restoran Paris Sorbet; Chef Ucu Sawitri, koki pastry dan bakery dari Indonesia Pastry Alliance; dan Chef Gunawan Wu, koki selebriti keturunan Indonesia dari Adelaide, Australia.

Tiga pemenang tentunya akan membawa pulang berbagai hadiah menarik, serta pengalaman tak terlupakan untuk karir mereka ke depannya, termasuk  sebuah kesempatan memasak dengan Etienne Leroy, salah satu duta besar Elle & Vire Professionnel di sebuah ajang Elle & Vire Professionnel pada 2023. Etienne Leroy sendiri merupakan seorang koki asal Perancis yang berhasil membawa pulang gelar tertinggi dan medali emas pada Pastry World Cup 2017. Tak sampai di sana, para pemenang juga akan mengikuti international pastry training eksklusif bersama Elle & Vire Professionnel. 
Selain kompetisi ini, Elle & Vire Professionnel terus mengemban misi untuk berbagi ilmu kepada para generasi muda. Misi ini juga didukung oleh program lainnya dari Elle & Vire Professionnel dengan bekerja sama dengan sejumlah lembaga pelatihan khusus kuliner dan pastry di berbagai belahan dunia. 

Melalui ajang kompetisi “The Values We Share” ini, Elle & Vire Professionnel berharap dapat merangkul dan menyediakan wadah bagi para koki muda Indonesia untuk menunjukkan keahliannya, sekaligus membuka kesempatan untuk mendorong karir profesional mereka.