Now I Know Why People Are Crazy about Djakarta Warehouse Project!

The first time I heard about Djakarta Warehouse Project, I was still in high school. Ya, masih dengan seragam SMA, berusia 17 tahun, penasaran dengan acara yang katanya untuk 18 tahun ke atas. Namun, selang enam tahun berlalu, baru di tahun 2019 ini lah saya akhirnya benar-benar merasakan bagaimana euforia yang dihasilkan oleh festival musik ini. Oh, wait, isn't it one of the biggest rave parties (if it's not the biggest one) in Southeast Asia?!

Calvin Harris hyping up the crowd - by Nareend (Foto: Dok. Ismaya Live)

Jujur, saya kaku. Sesungguhnya saya bukan penikmat musik yang ditawarkan oleh DWP. Akan tetapi, nama-nama yang disuguhkan memang kerap kali berkolaborasi dengan musisi-musisi ternama dan menduduki tangga musik teratas. Martin Garrix, Zedd, hingga DJ nomor satu di dunia, Calvin Harris. I thought I would be lost, but I ended up knowing most of the songs! Penataan panggung Garuda Land dan lampu yang begitu luar biasa memberikan tambahan semangat pada malam itu. Beberapa kali penampilan juga ditemani dengan letupan kembang api yang diterbangkan ke udara.

Elrow's vibe - by High Iso (Foto: Dok. Ismaya Live)

Di panggung yang lain, Ismaya juga memberikan kesempatan untuk menikmati panggung yang fantastis dari touring party asal Barcelona, Spanyol, Elrow. Dengan tema El Triangulo de las Rowmudas, para pengunjung seolah sedang berpesta ketika terperangkap di dalam perut monster laut, the kraken. Tidak hanya panggung yang menyerupai kapal, beberapa stilt walkers juga tampil dengan kostum bertema bawah laut!

Bassjackers and confeti shower - by Vinodii (Foto: Dok. Ismaya Live)

Di atas semuanya itu, saya sungguh menikmati suasana yang ditawarkan. Seolah musik benar-benar memancarkan daya magisnya untuk mempersatukan manusia dari berbagai belahan dunia. Beberapa kali saya mendengar segerombolan orang bercakap-cakap dalam bahasa asing. Beberapa bahkan memboyong serta bendara negara tersebut. Pertama kali berada di DWP dan saya sungguh terpukau dengan kenyataan bahwa festival ini mampu menerbangkan mereka semua ke Indonesia! Nampaknya panggung Garuda Land tidak diletakkan tanpa makna. Because, seriously, the whole festival is all about unity in diversity.