New Normal: Raya Stream Fest, Celebrating Fashion Virtually!

Di era physical distancing ini, banyak hal yang kiranya menjadi hambatan dalam melaksanakan suatu kegiatan. Segala hal rasanya menjadi satu level lebih susah dari biasanya, dan membuat sebuah event tetap berjalan tidak akan luput dari rintangan.

Keadaan tidak bisa menghambat kita semua lebih lama lagi. Industri kreatif yang membutuhkan penikmatnya memerlukan jalan keluar untuk tetap berkarya dan menginspirasi. Raya Stream Fest hadir, dikemas dengan sebuah konsep yang jarang kita dengarkan sebelumnya dan bahkan menjadi barisan terdepan dalam beradaptasi di situasi yang baru ini. New Normal, apakah Anda familier dengan dua kata ini? Sekiranya saya bisa memberi taukan kepada Anda jika Anda masih belum familier dengannya. New Normal adalah situasi yang harus kita jalani sekarang, berbagai hal sudah jauh berbeda dengan sebelumnya. Oleh karena itu, saya dan Anda sekalian perlu beradaptasi dengan keadaan. Social distancing, menjaga kesehatan lebih dari sebelumnya, extra dalam menjaga kebersihan, adalah contoh kecil dari “new normal”. Tapi bukan berarti kita meninggalkan sepenuhnya kegiatan kita yang dulu, lebih ke berdamai dengan tuan C-19 agar kondisi kita bisa lebih baik dari sekarang. 

 (Foto: Dok. Alphabeth Company)

Berbicara tentang new normal, bahkan event sekalipun tidak akan luput dari pengaruhnya.Raya Stream Fest, telah menjadi barisan terdepan dalam beradaptasi. Tentunya, tanpa kolaborasi dari Studio One, ASA Medier dan Panenmaya Digital, Raya Stream Fest bisa berjalan dengan baik walaupun dengan konsep yang terbilang baru. Mengusung tema “Fashion From Home”, dengan mengundang beberapa desainer ternama seperti Ghea Panggabean, Itang Yunasz, Ria Miranda dan KAMI, serta partisipasi dari institusi pendidikan fashion seperti Instituto di Moda Burgo Milan dan Instituto di Moda Burgo Indonesia, event ini terbilang cukup sukses walaupun situasi yang ada membawa beberapa rintangannya sendiri. Dengan adanya metode streaming melalui akun YouTube, event ini telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik selama tiga hari dihitung dari tanggal 18 Mei sampai tanggal 20 Mei 2020. Dengan adanya event seperti ini, fashion lokal kita tidak akan pernah mati hanya karena kondisi yang sulit. 

Collection for Raya Stream Fest by Ghea Panggabean (Foto: Dok. Alphabeth Company)

Tidak hanya desainer showcase saja, Raya Stream Fest juga diikuti dengan live chat seputar fashion. Layaknya sedang berbincang dengan teman Anda saat menonton fashion show secara langsung. Setelah setiap sesi streaming untuk koleksi Hari Raya dari tiap desainer, sebuah marketplace dapat diakses oleh penontonnya. Cara kerjanya memang menyerupai fashion show sebelum pendemi. Hal ini memang memberikan kesan dan feel yang berbeda. Walau demikian, jangan khawatir. Raya Stream Fest juga dilengkapi dengan fun talks seputar fashion dan gaya hidup yang bisa diikuti via ZOOM. Menarik sekali bukan?

Collection for Raya Stream Fest by KAMI (Foto: Dok. Alphabeth Company)

Walaupun telah berakhir pada tanggal 20 Mei, semangat dari Raya Stream Fest harus tetap dilanjutkan. Jangan khawatir jika Anda belum sempai menontonnya secara live, keuntungan dari platform baru seperti ini adalah Anda bisa menontonnya lagi bahkan berulang kali, di akun YouTube Raya Stream Fest. Untuk menutup artikel ini, seperti yang telah saya bilang sebelumnya kita memang perlu beradaptasi. Tapi santai saja, jangan terlalu dipelintir. Saya yakin kita pasti bisa, perlahan mulai mengubah lifestyle dan mindset pasti akan berbuah manis. Take it slow and steady. Ingatlah kita pasti bisa, bersama - sama tentunya.