Maybe It Is Time to Awaken Your Inner Chef!

Sederhana. Mungkin ini waktu yang tepat untuk belajar memasak. Mungkin juga sosok ini dapat membantu.

Siapa yang mulai kebosanan dengan social-distancing ini? Bekerja dari rumah? Tidak bertemu dengan teman yang kerap berujung basa-basi? Tidak berbelanja? Hmm, aman sejujurnya. Yang tidak aman bagi saya adalah urusan makan. Bagaimana caranya eat-at-home secara terus menerus? Siapa yang rindu potongan daging lembut dengan saus jamur yang kental? Atau, sepiring carbonara pasta? Atau, sekadar gorengan semacam risol yang biasa dengan mudah ditemukan di kantin? Me, me, me!

Social distancing tidak berarti Anda harus makan mie instan setiap hari. Anda beruntung jika memang memiliki juru masak di rumah yang kualitas rasanya dapat menandingi restoran favorit. Tapi, bagi yang tidak? Maybe it is time to awaken the inner chef in you! Tidak bisa masak? Saya juga. Tapi, tenang. Tuhan baik. Atau, setidaknya banyak orang baik yang mau berbagi ilmu (secara gratis) di luar sana.

Ada begitu banyak akun di YouTube yang dapat membantu Anda dalam hal memasak. You can just type "pasta recipe" or "how to cook a great pasta", but make sure to add the word "beginner". Ada begitu banyak akun, namun yang satu ini selalu berhasil membuat saya kembali. Pembawaannya yang santai seolah mengajak bicara mereka yang menonton, bukan sekadar menggurui. Terlebih, saya selalu memilih video tutorial yang dibuat oleh orang lokal. Selain karena mudah dimengerti, bahan-bahan yang digunakan juga lebih mudah dicari. Oh, belum lagi pengambilan gambarnya yang sungguh mumpuni!

Yes, yes, it is none other than William Gozali or @willgoz! Saya mudah merasa terintimidasi ketika menyaksikan video tutorial memasak. Baru dibuka dengan penjelasan bahan saja, saya menyerah. Ah, ribet. Delivery saja. Namun, tidak ketika menyaksikan video dari William Gozali. Dari menu makanan instan yang di-upgrade, jajanan kantin, hingga makanan yang biasanya ditemukan di restoran favorit Anda. Dari mie instan, telur gulung, risol mayo, hingga curry rice, carbonara pasta, dan steak with mushroom sauce. Enough with the talking, now watch and learn. 

P.S. Tenang, gagal itu biasa. Coba lagi, ya!