LVMH, Kering, and Even Inditex Join The Pandemic Battle

Berbeda dari hari-hari biasa di mana perusahaan-perusahaan fashion ini saling berkompetisi menjadi nomor satu, kini seakan terhempas kembali ke garis awal. LVMH menutup cukup banyak tokonya yang ada di seluruh dunia, mulai dari Sephora, Benefit, hingga Tiffany&co. Adidas, sebagai retailer besar dari Jerman juga menutup seluruh tokonya serta Reebok, yang berada di Amerika Utara dan seluruh Eropa. Inditex, sebagai pemain utama dalam fast fashion pun tidak luput dari kerugian ini, sebanyak 3,785 toko di 39 negara telah ditutup sementara setelah virus pandemi mendunia. Dalam sekejap, semua yang terlihat sangat menjanjikan dengan penjualan yang tidak pernah merugi, kini telah hilang.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KERING (@kering_official) on

 

Sudah tidak ada lagi yang bisa dibanggakan, diperjualbelikan, dipertahankan, mau tidak mau seluruh perusahaan, apapun bidangnya, harus menengok ke arah yang sama. Pada akhirnya  semua  perusahaan besar terjun dalam penanggulangan virus yang menjadi tanggung jawab seluruh penghuni bumi. Zara telah menyumbangkan sekitar 300,000 masker untuk pasien dan tenaga kesehatan di negara asalnya, Spanyol. Selain itu juga LVMH mengumpulkan beberapa beauty brands di bawah naungannya seperti Guerlain, Dior Beauty, dan Givenchy Beauty untuk membuat hydroalcoholic gel. Berawal dari kurangnya gel yang dibutuhkan di Prancis, Bernard Arnault selaku kepala pimpinan LVMH menginstruksikan untuk membantu produksi gel ini dan mengesampingkan produksi produk kecantikannya. Begitu pula dengan Kering Group, setelah membeli 3 juta surgical masks dari Cina untuk mensuplai tenaga medis di Prancis, kini Balenciaga dan Yves Saint Laurent sedang bersiap untuk memproduksi masker sendiri. Tidak hanya itu, Kering dan beberapa brand naungannya memberikan sumbangan ke empat rumah sakit utama di Lombardy, Veneto, Tuscany, dan Lazio. Lalu ada Gucci, yang menyumbang 1.100.000 masker bedah dan 55.000 peralatan medis lainnya yang akan siap dalam beberapa minggu lagi.

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LVMH (@lvmh) on

 

It’s crazy how life brought us into togetherness in such way. Who would have thought that in 2020, big fashion companies are going to produce something that is out of their league, and even stopped the production of their million dollars clothes.

 

May it always reminds us, of what actually matters in life, that values beyond a million dollars.