Healing di Tengah Kota Jakarta Menikmati Seni

Bare Expose

Healing dengan pergi ke pinggiran kota memang digemari banyak orang. Namun bagaimana dengan healing menikmati art di tengah kota?

Pada hari Kamis, 7 April lalu, saya diundang ke pembukaan Art Jakarta Gardens 2022. Berlokasi di Hutan Kota by Plataran, pameran ini mengusung konsep baru yang segar, inovatif, dan terbuka. Hadir di ruang hijau yang terbuka, di tengah kota Jakarta, pameran ini bisa menjadi cara healing yang baru, terlebih bagi kamu pecinta seni.

“Pameran di ruang terbuka dapat lebih mengakomodasi karya patung atau seni rupa tiga dimensi lainnya. Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra saja,” ujar Enin Supriyanto, selaku Direktur Artistik Art Jakarta.

Art Jakarta mengubah tampilan area Hutan Kota by Plataran dengan penempatan patung dan instalasi dari karya para perupa Indonesia dan mancanegara, seperti karya dari Dolorosa Sinaga, I Nyoman Nuarta, Sunaryo, Ashley Bickerton, Dusadee Huntrakul, dan masih banyak lagi. Instalasi dan patung disebar di seluruh area. Mulai dari gate masuk area Hutan Kota, hingga ujung dari jalur pejalan kaki, Anda bisa menikmati karya-karya menakjubkan sambil menikmati udara di ruang terbuka hijau ini.

Jalur pejalan kaki akan mengarahkan Anda ke dua tenda besar yang menampung 20 galeri seni rupa. Ada Gajah Gallery, Museum of Toys, ArtSerpong Gallery, Rachel Gallery, ISA Art and Design, D Gallerie, dan ada juga seni rupa digital dan teknologi blockchain yakni NFT dari Solana.

Begitu banyaknya dukungan dari Art Jakarta kepada seni di Indonesia, mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Dapat dilihat dari pada saat pembukaan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Wakil Kepada Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesudibjo hadir dan memberi sambutan yang optimis bahwa target 8000 pengunjung akan berjalan dengan baik. Diharapkan pameran ini juga bisa menarik wisatawan pecinta seni kontemporer untuk hadir ke Jakarta.

Mulai 9-14 April, pameran ini dibuka untuk umum. Saya sarankan anda berkunjung di sore hari. Sambil menunggu buka puasa, menikmati seni kontemporer, dengan udara yang tidak terlalu panas dan siklus ruang terbuka yang baik.

Pembelian tiket dan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website Art Jakarta di artjakarta.com/2022/ atau Instagram mereka di @artjakarta. Perhatikan time slots yang tersedia, dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Selamat healing di tengah kota!