Essential Oil Junkie

Beastie Vanity

 

 

Jika selama ini salah satu cara untuk menjaga Kesehatan adalah dengan melakukan olahraga teratur, mengkonsumsi makanan sehat dan pola tidur yang teratur. Maka sebenarnya ada hal lain yang patut dilakukan dengan melibatkan panca indera lainnya. Yakni dengan menambahkan terapi essential oil dalam keseharian kita.

 

Apakah sebenarnya manfaat essential oil tersebut yang kini memiliki peminat yang banyak, bahkan beberapa lini produk ini pun dibanderol dengan harga yang terbilang tidak murah. Nah, daripada bertanya-tanya lebih baik kita telusuri dulu mengenai fakta dan manfaatnya.

Material apa yang terkandung dalam essential oil?

 

Essential Oil adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman tertentu, biasanya minyak ini didapatkan dari akar, batang, daun, bunga dan buah-buahan. Selain itu essential oil menjadi jenis minyak alami yang digunakan sepanjang sejarah sebagai obat dan juga terapi kesehatan. Umumnya, minyak ini digunakan sebagai aromaterapi yang dihirup agar menimbulkan rasa menenangkan. 

 

Bagi mereka yang memiliki masalah susah tidur atau insomnia, pengunaan essential oil tentunya dapat sangat membantu. Yakni dengan mencium aromaterapi, yang dapat merilekskan pikiran. Sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

 

Selain manfaat essential oil yang merilekskan, produk ini juga dapat mengatasi sakit kepala ringan atau migrain. Yaitu dengan mengoleskan campuran etanol dan minyak esensial pada pelipis maupun dahi.

Essential oil for your mood booster

 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mencium rosemary dapat meningkatkan daya ingat hingga 75%. Sedangkan peppermint dapat mengembalikan daya ingat atau daya fokus seseorang. Salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa peppermint, basil dan helichrysum dapat memulihkan kelelahan dan kepenatan. Jika mood Anda hilang saat kerja atau banyak tugas yang menumpuk, maka pilihan minyak esensial ini bisa kamu aplikasikan agar mood kamu dapat kembali meningkat. 

Benefit lainnya essential oil juga dapat menggembalikan energi dengan cepat, yaitu dengan menghirup essential oil beraroma citrus dan peppermint. Karena citrus diyakini dapat meningkatkan mood dan meredakan stres, sementara peppermint dapat menaikkan performa olahraga seseorang.

 

Keunggulan lain dari essential oil adalah dapat merawat inflamasi dan rasa sakit pada tubuh. Untuk itu memilih tea tree oil adalah pilihan tepat, karena dipercaya  dapat menghilangkan jerawat dan iritasi terhadap sinar matahari. Sementara untuk meredakan inflamasi otot dapat menggunakan peppermint  atau chamomile. 

 

Nah, jika kualitas istirahat Anda meningkat, bahkan segala keluhan Kesehatan yang dapat menurunkan imun dapat diatasi dengan penggunaan essential oil. Maka tak ada salahnya untuk investasi lebih untuk menjadi essential junkie, karena memang kesehatan mahal harganya. Stay healthy everyone!  

 

Foto: Ellyna Fairytale, Pixabay, TERRA International, Laryssa Suaid