Asmirandah: Pengalaman Pertama Menjadi Seorang Ibu

Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang telah menikah, kehadiran seorang anak merupakan anugerah terindah yang memberikan warna dan kebahagian baru dalam sebuah rumah tangga. Hal ini pun yang dirasakan oleh Asmirandah dan sang suami, Jonas Rivanno. Bulan Desember menjadi bulan penuh kebahagian bagi keduanya. Memasuki tahun ke-7 usia pernikahannya, pada tanggal 25 Desember 2020, pasangan ini dikaruniai seorang puteri yang diberi nama Chloe Emanuelle Van Wattimena yang berarti "She who shines because God is with Her". 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Asmirandah (@asmirandah89)

Excited adalah kata pertama yang diucapkan oleh Asmirandah saat diminta mengungkapkan perasaannya menjadi seorang ibu. "Sebenarnya susah untuk diungkapkan dengan kata-kata, aku sangat excited, " ujarnya. Dalam rangka memperingati hari Ibu yang bertepatan pada bulan Desember, CLARA berbincang singkat dengan Asmirandah tentang suka duka yang ia alami selama masa kehamilannya, serta persiapannya menjadi seorang ibu.


"Aku merasa aku sudah siap, karena selalu kuselipkan kalimat, 'Tuhan berikan aku anak saat aku benar-benar siap menjadi ibu' dalam setiap doaku.."
- Asmirandah
 

Bagi seorang wanita, menjadi seorang ibu adalah sebuah perjuangan besar. Namun Asmirandah menikmati setiap momen tersebut. "Aku sangat menikmati masa-masa dimana aku merasa ngos-ngosan, cepat lelah, sering keluar masuk kamar mandi, nggak bisa lama-lama jalan, sering kepanasan, dan merasakan kontraksi. Walaupun mungkin nggak nyaman tapi aku bisa menikmati itu semua. Mungkin karena aku menikmatinya demi kebahagiaan anakku," akunya. Dengan penuh suka cita ia pun menyampaikan rasa bahagianya, "Sukanya banyak banget! Hampir tidak ada duka yang aku rasakan. Aku jadi lebih dimanja sama keluarga tentunya dan ada rasa bahagia yang mungkin nggak bisa aku ungkapin."

'Asmirandah bersama calon buah hatinya' (Foto: Dok.Rio Motret) 

Meski demikian, Asmirandah yang kerap dipanggil Andah, tetap memiliki kendala saat hamil di masa pandemi seperti sekarang ini. "Salah satu kendalanya adalah mau melakukan baby moon. Karena pandemi jadi nggak bisa jalan-jalan keluar. Selain itu juga nggak bisa pergi langsung untuk melihat perlengkapan baby, karena sebenernya kan lebih enak kalau bisa lihat dan pegang bahannya langsung," ujarnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Asmirandah (@asmirandah89)

Asmirandah juga merasa sedikit sedih karena tidak bisa berbagi kebahagian ini dengan orang-orang di sekitarnya secara langsung. "Nggak bisa banyak orang yang dateng pas lahiran nanti, karena harus ikuti protokol kesehatan yang ketat". Namun ini semua bukan masalah besar baginya, "Cuma hal kecil aja sih kendalanya, karena saat dijalani semuanya tetap fine-fine saja".


"For this child we have prayed".
- Asmirandah
 

Masih banyak orang tua yang merasa tertekan dengan pandangan atau tuntutan orang-orang di sekitar tentang cara merawat dan mendidik anak mereka nantinya. Berikut tanggapan Asmirandah perihal ini, "Ya cara mendidik anak pastinya beda-beda tapi apa yang kita percaya itu yg terbaik buat anak, maka itulah yang harusnya dijalankan". Ia pun mengatakan ia tidak akan merasa tertekan dengan saran dan masukan dari orang-orang di sekitarnya. Ia akan menyaring segala kritik dan saran yang diterimanya, alih-alih menjadikannya sebagai beban. "Aku tipe orang yang lebih mengikuti saran orang tua dan orang-orang sekitar yang memiliki energi positif daripada mendengarkan kata-kata orang di luar sana yg belum tentu baik," ucapnya.

"Aku akan mendengarkan saran yang baik untuk diikuti dan membuang saran yang tidak baik. Karena itu kembali lagi bagaimana aku melakukannya untuk mendidik anak aku nanti yang pastinya akan aku lihat lagi mana yang sesuai dengan kondisi anakku nanti. Karena ada 1001 cara untuk mendidik dan mengajarkan 1 hal kepada anak," ujar Asmirandah. 

Tentu Anda penasaran, bagaimana rencana Asmirandah setelah kelahiran sang anak? "Aku belum bisa jawab saat ini, tapi pastinya aku akan tetap menjadi public figure tapi apakah langsung bekerja kembali atau tidaknya, aku harus merasakan dulu peran baruku menjadi seorang ibu". Ia pun menambahkan, "Apapun pilihanku nantinya, suami maupun keluarga akan mendukung".

Lalu, bila tetap akan menjadi seorang public figure, tidakkah ia merasa khawatir dengan bentuk tubuhnya pasca melahirkan? Asmirandah menjawab santai pertanyaan tersebut, "Buat aku nomer 1 anakku lahir dengan selamat, sehat, tidak kekurangan satu apapun, bertumbuh dengan baik. Jangan langsung memikrkan bagaimana dengan tubuhku, karena sebenarnya kalau kita dapat mengatur pola makan, nutrisi dan protein yang cukup, tubuh akan kembali ke bentuk asalnya".

Sebagai penutup, Asmirandah menyampaikan pesan support-nya untuk para calon atau yang telah menjadi ibu muda sepertinya, "Stay positive as a mom, enjoy every moment. God bless you".