Kabar dari ESMOD Jakarta Untuk Industri Fashion

Bersiaplah! Karena industri fashion Indonesia telah memiliki 89 lulusan fashion baru dari ESMOD Jakarta. ESMOD dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fashion dunia yang berpusat di Paris sejak 1841. Sedangkan di Indonesia, lulusan ESMOD telah menyebar dan masuk ke brand-brand fashion terkemuka, juga desainer Tanah Air.

Sabtu, 4 November 2023, karya lulusan ESMOD Jakarta dipresentasikan menjadi 222 looks dan diperagakan oleh profesional models di Tribeca Park, Central Park. Acara tahunan ini disebut sebagai Creative Show. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar dalam ruangan, kali ini fashion show dan exhibition dihadirkan di outdoor dengan long runway. 

“Karya-karya ini hadir dan erat kaitannya dengan peran teknologi dan desain konseptual, misalnya dengan penggunaan 3D Printing hingga penggunaan sosial media sebagai media promosi serta pembuatan dibaliknya melihat pada minat dan kebutuhan masyarakat,” ujar Guillaume Oger, Kepala Bagian Pengembangan Kurikulum ESMOD Jakarta. 

Dalam Creative Show 2023, ESMOD tidak membatasi mahasiswa/i untuk berkarya. Tidak ada tema khusus sehingga semua bisa berekspresi secara maksimal.

Beragam material dan model saya saksikan. Mulai dari scuba, rajut, nylon, katun, hingga gaya etnik yang menggunakan tenun dan batik. Menurut penjelasan Gullaume Oger, banyak embellishment dan teknik fabric manipulation dari karya unik yang ditampilkan. Mahasiswa/i ESMOD juga mengembangkan zero waste atau one-cut pattern. 

Academic Program Manager ESMOD Jakarta, Nathalia Gunaria  menyampaikan, “Sebagai fashion education yang telah berpengalaman, kami menampilkan karya-karya ini dengan tujuan untuk berbagi dengan masyarakat tentang fashion trend yang populer saat ini, dan karya-karya mengagumkan ini diharapkan dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di dunia fashion.”