A Castle in Sumatra and Kaum Let You Have a Taste of It!

Life is too short to let it passes by without visiting at least half of IndonesiaYa, setidaknya ini menjadi moto baru dalam hidup saya. Dari 34 (or, is it 36 now?) provinsi yang ada, masa iya hanya Bali dan Sumba yang menjadi primadona? Atau, ujung-ujungnya hanya mengunjungi kota-kota besar yang menjadi ibu kota provinsi saja. Saya yakin, Indonesia tidak se"kecil" itu, bukan?

Seperti halnya ketika saya membaca nama Kabupaten Siak Sri Indrapura. Jujur, tak ada sedikit pun bayangan di manakah letakletak daerah ini. Namun, kabupaten yang terletak di Riau ini nyatanya menyimpan harta karun luar biasa. Seolah sejarah berbicara di setiap sudut kota. Wilayah yang dibangun dalam bentuk kesultanan ini masih memiliki istana yang berdiri tegak dan terjaga. Ah, dan tentu, berbicara mengenai suatu wilayah memang tidak bisa lepas dari hidangan khasnya.

Sup Ikan Senapelan (Foto: Dok. Kaum)

Di tengah pusat Kota Jakarta, Kaum berhasil menghadirkan rasa dari Siak Sri Indrapura. Banyak terdapat sungai menjadikan ikan sebagai salah satu bahan utama untuk dimasak. Di Kaum, menu-menu spesial yang melibatkan ikan ini pun berhasil menarik minat para tamu, seperti Sup Ikan Senapelan, Cakalang Asap Sambal Belacan, dan Ikan Salai Juaro. Sungguh, rasa yang nampaknya sulit ditemukan di tengah pusat kota dengan menjamurnya hidangan internasional hari-hari ini. 

Basamo Juaro (Foto: Dok. Kaum)

Di balik meja bar, sang bartender pun meracik minuman yang juga melibatkan bahan-bahan khas dari Kabupaten Siak. Ada satu menu yang begitu menarik perhatian mereka yang hadir. Basamo Juaro, namanya. Bayangkan saja, minuman dengan gin ini mengikutsertakan ikan asin! Sounds weird, but it might be the highlight of your night!