Sepenggal Kisah tentang Aroma Flora Tanah Air

Bukan lagi sebuah pernyataan asing bahwa aroma mampu membantu Anda menghilangkan stress. Rasa tak percaya saya musnah suatu hari ketika akhirnya saya menggunakan sebuah pengharum ruangan di ruang kerja, kemudian merasa lebih fokus, nyaman, dan produktif. Sejak saat itu, sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi saya untuk menyediakan pengharum ruangan dalam keseharian.

Mungkin sama seperti saya, tak pernah terbesit dalam pikiran Anda sebelumnya bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam, khususnya rempah dan bunga, yang banyak dijadikan bahan pengharum. Konotasi aroma apalagi parfum, erat dengan negara Perancis. Masih belum banyak produsen wewangian di Indonesia yang melirik pengembangan bisnis di bidang ini. Peluang inilah yang dilirik oleh Camani, sebuah label lokal yang memiliki visi mempromosikan keanekaragaman alam dan budaya Indonesia lewat produk pengharum ruangan.

Camani (Foto: Dok. Camani)

“We strive to promote Indonesia’s nature through high standard products which live up to ever-growing market sophistication both locally and internationally.”
- Akina Sesari, Co-Founder Camani


Camani meluncurkan produk pertamanya pada tahun 2015, yaitu diffuser dengan buluh rotan untuk menyebar aroma dari minyak wewangian. Barulah pada tahun 2017, mereka melakukan ekspansi dengan menawarkan produk room spray. Hingga saat ini, terdapat 8 varian aroma Camani, yang terbagi dalam dua series, yaitu Camani Series 1 dan Camani Series 2. Camani Series 1 terdiri dari lima varian aroma, diantaranya Pasir Jambu, Alia Jae, Mahapengiri, Akar Wangi dan Gelam. Sedangkan Camani Series 2 terdiri dari tiga varian, yaitu Semalam, Rami dan Parna. Setiap varian yang dipersembahkan terinspirasi dari ragam aroma flora asal Indonesia.

Camani (Foto: Dok. Camani)

"Team kami berinovasi dalam menemukan dan menciptakan varian baru dan mengembangkan produk kami, namun tetap fokus pada wewangian khas Indonesia," ujar Akina. Ketika ditanya mengenai harapannya ketika seseorang membeli produk Camani, Ia menjawab, "Kami berharap produk kami dapat membuat customer merasa nyaman, baik di ruang tamu, kamar tidur, kantor atau di ruangan lainnya".