2019 menjadi tahun yang diisi dengan beragam pengalaman menonton konser. Ya, setahun penuh melepas status sebagai mahasiswa, konser musik menjadi suatu pelarian yang pas bagi saya yang sudah bekerja. Hanya memakan satu atau paling lama tiga hari jika dikemas dalam bentuk festival. Saya selalu suka konser musik. Sama seperti makanan, musik seolah memiliki kekuatan magis untuk mempersatukan individu dengan beragam latar belakang. Contohnya, teman saya, seorang ibu beranak satu dan berpenampilan santai dalam kesehariannya saja ternyata penikmat lagu rock. You know what I mean. Music can be an entertainment, and yes, it can be an escape. 

Berikut adalah musisi asal luar negeri yang akan segera menggelar konser di Jakarta. Some of them might be something you've been waiting for! Well, if that's the case, then you must've had the ticket by now.

Bon Iver - 19 Januari 2020

Sesungguhnya saya tidak tahu menahu tentang nama yang satu ini. Wait, don't judge me. Cukup rekan yang duduk di sebelah meja kantor saya saja. Akan tetapi, ketika mendengar beberapa lagunya, memang terdengar tak asing di telinga. Sebut saja lagu bertajuk Skinny Love dan Holocene atau lagu di album terbaru yang bertajuk Faith. Ditambah dengan suara petikan gitar yang apik. Well, where have you been, Meta? Pantas saja Instagram pribadi saya sempat dipenuhi dengan orang-orang yang bersemangat ketika mengetahui bahwa Ismaya Live akan mendatangkan musisi ini pada tanggal 19 Januari mendatang. The clock is ticking, have you got your ticket?

88rising - 7 Maret 2020

Dua musisi asal Tanah Air yang meroket namanya di kancah internasional, Rich Brian dan NIKI. Seriously, this does feel like a proud moment. Keduanya yang tergabung dalam 88rising akan melakukan promosi untuk album Heads in the Cloud bersama dengan musisi lain dalam naungan yang sama, yaitu Joji dan Higher Brothers. Meskipun saya lebih sering mendengarkan lagu-lagu dari album Sailor milik Rich Brian pribadi, konser ini tetap berhasil menarik perhatian. My favorites would be Indigo and Warpaint from NIKI and obviously the Head in the Clouds itself from Joji!

Khalid - 28 Maret 2020

Yang satu ini rasanya tidak butuh penjelasan lebih lanjut. Lagu-lagu miliknya seperti Location, Young Dumb & Broke, OTW, dan Talk seringkali terdengar melalui siaran radio. Belum lagi penghargaan yang diraihnya melalui karya-karya tersebut. Setelah satu tahun sebelumnya sempat tampil di Jakarta, Khalid pun kembali pada Bulan Maret mendatang dalam rangka promosi album Free Spirit. You sure don't want to miss it this time, do you?

Rex Orange County - 9 Mei 2020

Lagu miliknya bertajuk Loving is Easy pertama kali saya dengar di penghujung tahun 2018. Pembawaan yang ringan dan ceria membuat saya dengan mudahnya menyukai karya dari musisi ini. Apalagi lagu di dalam album Pony yang menjadi alasan dari konser dunia Rex Orange County di tahun 2020. Dan, nampaknya tidak hanya saya atau segelintir kelompok orang. Apparently the tickets were all sold out in less than a day! Don't you wish for day two? Well, may Ismaya Live be the ginnie and make your wish come true. 

LAUV - 27 Juni 2020

Baiklah, untuk yang satu ini, saya sungguh-sungguh menantikannya. Lagu-lagunya pernah bertengger di aplikasi musik saya dalam kurun waktu yang cukup lama. Maklum, sempat merasa kehilangan dan Lauv menggambarkannya dengan lirik yang seolah membaca isi pikiran. Lauv memang pernah tampil sebelumnya di tahun 2017, namun saya belum berkesempatan hadir. Konser yang seharusnya diadakan pada Mei 2019 lalu pun terpaksa dibatalkan karena suasana politik yang panas kala itu. So, no more excuses, this is the time!

P.S. Be ready for more surprises (concerts) throughout the year!