Sepanjang bulan September setiap tahunnya, masyarakat dunia turut memperingati bulan kelahiran puteri kerajaan paling dicintai, yaitu Princess of Wales atau yang dikenal dengan sebutan Lady Di. Seperti yang kita ketahui, statusnya sebagai anggota utama kerajaan Inggris, paras cantik, dan cerita hidupnya yang tragis baru sedikit dari begitu banyak hal yang menjadikannya sebagai seorang icon dunia. Hal lain yang menjadikannya begitu dicintai tak lain adalah selera modenya yang dinilai spektakular pada masanya. Apapun pakaian dan aksesori yang ia kenakan, seketika menjadi perbincangan dan panutan.

Salah satu bukti nyata akan besarnya pengaruh Lady Diana di dunia mode tak lain adalah tas Lady Dior. Sangat sering ia terlihat menenteng tas keluaran rumah mode asal Perancis tersebut di beberapa kesempatan berbeda. Padahal sebagai seorang puteri kerajaan, tentulah tak sulit baginya untuk berganti tas kapanpun ia berkehendak.

Lady Di & Lady DIor (Foto: Dok. Dior)

Diluncurkan pada tahun 1995 silam, tas Lady Dior milik Princess Diana ini merupakan sebuah pemberian dari bernadette Chirac, ketika sang sang puteri menghadiri Cézanne exhibition di Grand Palais, Paris. Sejak saat itu, Princess Diana jatuh hati pada Lady Dior dan terus membeli setiap versi tas tersebut. Keduanya seakan tak terpisahkan. Beberapa kali pers internasional memotret Princess Diana menenteng Lady Dior, seperti pada saat ia berkunjung ke Argentina dan Birmingham. Pengaruh Princess Diana yang begitu besar membuat Lady Dior tas paling dicari di seluruh dunia, membuat rumah mode tersebut menamai tas tersebut dengan "Lady Dior". Yes, right. You go be so influential until Dior names a product after you.

Namun, cerita menarik dari keindahan tas Lady Dior tak hanya itu. dari sisi desain, aksen pola jahit atau cannage yang menjadi ciri khas dari tas ini juga terinspirasi dari kursi Napoléon III yang dulu dipakai oleh Christian Dior ketika menerima pelanggannya pada saat peragaan mode di tahun 1947. Pendan D.I.O.R juga menambah kesan ikonik pada tas ini.

Napoléon III Chair (Foto: Dok. Dior)

Melanjutkan kisah sukses bersama Lady Di, beberapa perempuan yang dinobatkan sebagai "Most Beautiful Women" juga pernah dijadikan ambassador untuk Lady Dior, seperti Carla Bruni pada tahun 1996, kemudian Diane Kruger, Monica Bellucci dan sekarang Marion Cotillard, yang dipotret oleh Peter Lindberg.

Marion Cotillard & Lady Dior (Foto: Dok. Dior)

 

Lady Dior 25th Anniversary
25 tahun sudah tas Lady Dior diluncurkan sejak tahun 1995 dan menjadi pemberian kepada Princess Diana. Tahun ini, Dior kembali meluncurkan sederet desain terbaru untuk koleksi Lady Dior. Masih mempertahankan pendant D.I.O.R yang merupakan signature element, Lady Dior kini hadir dengan modifikasi motif, warna, serta ukuran yang lebih beragam dan mengikuti perkembangan zaman.

Lady Dior Fall Winter 2020 (Foto: Dok. Dior)