IKEA Suarakan Pentingnya Bermain Bersama Anak di Rumah

Masa pandemi telah menuntut kita untuk membiasakan diri melakukan segala kegiatan dari rumah. Bagi saya yang senang bepergian, hal ini cukup menyiksa. Jenuh, adalah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang kerap saya rasakan belakangan ini. Ternyata keadaan ini tidak hanya dirasakan oleh saya saja juga dialami beberapa teman saya, khususnya mereka yang telah berkeluarga. Anak-anak yang seharusnya aktif bermain dan beraktivitas di luar rumah terpaksa harus terus di rumah. Jenuh? Sudah pasti. Hal ini terbukti dari hasil riset KPAI (2020), di mana 63% anak Indonesia dalam masa pandemi ini mengalami kejenuhan berada di rumah.

“Bermain merupakan aktivitas yang penting untuk proses tumbuh kembang anak, baik secara kognitif, fisik, maupun emosional. Orang tua memiliki peranan penting untuk menemani anak bermain. Selain untuk mengawasi kegiatan bermain anak, hal ini juga berguna untuk memperkuat ikatan antara orang tua dan anak,” ujar Anastasia Satriyo, Psikolog Klinis Anak. 

'IKEA menyuarakan pentingnya bermain bagi anak-anak lewat kampanye Ayo Main' (Foto: Dok IKEA)

Menanggapi hal ini, IKEA Indonesia sebagai salah satu label home living yang berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, mengajak orang tua untuk memaknai setiap momen bermain bersama anak di rumah selama masa pandemi dengan menginisiasi kampanye Ayo Main (Let’s Play). Kampanye ini menjadi pengingat akan pentingnya waktu bermain dengan anak selama masa pandemi.

IKEA percaya meluangkan waktu bermain bersama anak sangat penting untuk mengurangi tekanan yang dirasakan oleh anak selama masa pandemi. Dan tentunya juga dapat menambah kreativitas anak selama berada di rumah. “IKEA selalu memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk anak-anak.  Kampanye Ayo Main kami inisiasi sebagai sarana untuk anak-anak mengusir kejenuhannya dengan kegiatan positif dan bagi orang tua untuk menciptakan momen bermain seru bersama anak,” ungkap Dyah Fitrisally, Country Marketing Manager IKEA Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IKEA Indonesia (@ikea_id)

Melalui kampanye Ayo Main, IKEA Indonesia ingin mewujudkan komitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, khususnya keluarga Indonesia. Kampanye ini merupakan bagian dari tema besar IKEA yaitu Maknai Setiap Momen yang diluncurkan pada tahun 2016 di mana IKEA berfokus pada hak bermain dan pengembangan diri anak di seluruh dunia. Lewat kampanye ini,  IKEA percaya bahwa setiap momen bersama keluarga di rumah sangat berharga.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IKEA Indonesia (@ikea_id)

Kampanye Ayo Main terdiri dari beberapa kegiatan meliputi, kolaborasi IKEA dengan organisasi kemanusian terkemuka untuk anak-anak, Save The Children dengan kegiatan donasi 1 TOY = 1 EURO pada bulan Oktober lalu. IKEA juga menyediakan solusi dan inspirasi untuk kegiatan bermain dengan anak di rumah yang dapat Anda lihat pada situs ikea.co.id/in/ayo-main. Selain itu, IKEA juga menyelenggarakan kompetisi menggambar yang dapat diikuti oleh anak dengan usia maksimal 12 tahun. Periode perlombaan ini dimulai dari 5 November hingga 22 November 2020.

Lima puluh gambar yang mengikuti perlombaan ini akan diseleksi menjadi lima belas gambar terbaik melalui penjurian dan sistem voting yang akan dilakukan di akun Facebook IKEA mulai dari 27 November 2020 sampai 30 November 2020. Lima belas gambar anak-anak Indonesia tersebut akan dikirim ke IKEA Global untuk diseleksi menjadi enam orang pemenang terakhir. Hasil gambar-gambar ini dipilih berdasarkan keunikan, otentik, dan nantinya akan dijadikan boneka dalam koleksi SAGOSKATT yang akan dijual di seluruh toko Ikea.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IKEA Indonesia (@ikea_id)

Tidak hanya sampai di situ saja, IKEA Indonesia juga menyediakan ragam perabot dan mainan anak yang terbuat dari material yang ramah anak-anak sebagai dukungan untuk kegiatan bermain anak di rumah. Mulai dari koleksi boneka JÄTTELIK, koleksi alat tulis MÅLA hingga berbagai perabot penyimpanan mainan dan barang anak dengan warna dan pola menyenangkan ciri khas anak-anak.