Hack Your TikTok: Tips Video Muncul di FYP

TikTok menjadi platform media sosial yang ketenarannya terus meningkat. Masih ingatkah Anda ketika Instagram pertama kali hadir? Format foto square yang diterapkan oleh media sosial tersebut mengubah cara orang-orang mengambil gambar, sama halnya saat Instagram Story mengubah bagaimana orang-orang mengambil video dengan format 16:9. 
TikTok turut mengubah bagaimana orang-orang dapat berkreasi melalui media video. Didampingi dengan kemudahan akses dan penggunaan, serta lagu-lagu TikTok berhasil mencuri hati banyak orang. 

Pada tahun 2018 TikTok memiliki sebanyak 680 juta pengguna aktif bulanan, dan angka tersebut terus meningkat dan diperkirakan sudah mencapa sebanyak 1,1 milliar pada Februari 2021 lalu. Beberapa merek-merek ternama dari luxury fashion house seperti Louis Vuitton, Fendi, Dior dan lainnya kini pun memiliki akun resmi di TikTok. 

TikTok (Foto: Dok. Spesial)

Lalu bagaimana memanfaatkan algoritme yang dimiliki oleh TikTok untuk mendapatkan likes atau agar video Anda dapat muncul di For Your Page (FYP)? 
Algoritme yang dimiliki oleh TikTok sedikit berbeda dengan Instagram. Dari hashtag yang Anda gunakan, hingga lokasi, pilihan musik, dan bahkan video TikTok pertama yang Anda sukai — semuanya dapat memengaruhi algoritme TikTok.


“Sistem merekomendasikan konten dengan memberi peringkat video berdasarkan kombinasi faktor — mulai dari minat yang Anda ungkapkan sebagai pengguna baru dan menyesuaikan untuk hal-hal yang Anda indikasikan juga tidak Anda minati..."
- TikTok
 

Masing-masing faktor ini ditimbang secara individual oleh sistem rekomendasi TikTok Untuk Anda, yang berarti setiap FYP akan benar-benar unik untuk pengguna dan tingkat minat mereka. Jika Anda bertanya, “Apakah saya perlu ribuan pengikut untuk menjadi viral di TikTok?” Jawabannya adalah, tidak. Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement di video Anda dan muncul di FYP. 

Posting Secara Konsisten
Beberapa orang mengatakan bahwa mengunggah konten secara konsisten merupakan ide baik karena kuantitas mengalahkan kualitas. Aplikasi ini masih semakin populer. Namun akan lebih efektif jika Anda mempunyai jadwal rutin untuk mengunggah video, seperti 1-2 post per hari.  

TikTok (Foto: Dok. Spesial)

Bereksperimen dengan Duet TikTok
Duet adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan — semakin banyak duet yang didapat video Anda, semakin luas jaring yang Anda gunakan.

Membuat tantangan Duet untuk audiens Anda juga merupakan cara cerdas untuk meningkatkan dan mengumpulkan konten buatan pengguna. Misalnya, buat tarian atau tantangan dan minta pengikut Anda untuk berduet dengan Anda di teks.

TikTok (Foto: Dok. Spesial)

Durasi Konten Yang Pendek
Ketika Anda membuat video yang lebih pendek dari 10 atau 15 detik, ada kemungkinan bahwa orang-orang akan lebih banyak menonton video Anda sampai habis ketimbang melewatinya di tengah-tengah. 

Platform yang baru akan menghadirkan bentuk hiburan yang baru. Kehadiran TikTok berhasil mengubah bagaimana orang-orang menyuguhkan sebuah konten dan juga bagaimana kita menggunakan media sosial. 

Sifatnya yang serba bisa adalah peluang besar bagi pengguna untuk mulai berpikir di luar kotak dan membuat konten baru yang menarik yang mencuri perhatian.