Finally! A Television That Does No Harm to Your Interior Design!

Bang & Olufsen presents a beautiful harmony between television and speaker that still manages to decorate the room.

Pernah ingin berkecimpung di dunia desain interior membuat saya memiliki mata yang cukup sensitif dengan tampilan ruangan. Menurut saya pribadi, segala hal perlu memiliki nilai estetika yang tidak hanya menjadikannya sebagaimana tugas yang sebenarnya, namun juga dapat dinilai sebagai dekorasi. Beberapa hal tersebut mudah untuk ditemukan. Namun, ada hal-hal lain yang rasanya perlu diterima sebagaimana adanya. Contohnya, perangkat elektronik. Ya, kan?

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan televisi berwarna hitam itu. Bersyukur bahwa memang kini ia telah bertransformasi menjadi lebih ramping. Akan tetapi, terkadang kehadirannya tetap menyulitkan dalam merancang desain ruangan. Mungkin ada sebagian yang memilih untuk memaksimalkan desain dari nakas. Atau, kalau zaman dulu, bahkan ada yang sampai ditutup dengan tirai, ya? Mengerti hal ini menjadi sebuah masalah tersendiri, Bang & Olufsen pun menawarkan solusi dengan kehadiran Beovision Harmony. A very harmonious one, indeed.

Beovision Harmony (Foto: Dok. Bang & Olufsen)

Saya tidak pernah menyangka bahwa televisi dapat menjadi elemen dekorasi. But, Beovision Harmony just proved me wrong. Ketika televisi ini sedang dalam keadaan tidak menyala, layar televisi akan terhalang oleh dua penutup kabinet. Demikian juga keadaannya jika televisi sedang digunakan untuk sekadar mendengarkan musik. Namun, ketika layar sedang digunakan, makan pintu kabinet tersebut akan secara perlahan terbuka dan layar akan naik ke atas. It is a quite dramatic view to see. 

Berbicara mengenai pintu kabinet tersebut, tentu Bang & Olufsen tidak menjadikannya semata-mata hanya untuk menutup layar. Penutup tersebut merupakan pengeras suara yang dapat diakses juga melalui Apple AirPlay 2, Bluetooth atau Chromecast. Beberapa informasi mengenai musik yang sedang dimainkan akan tampil pada sebagian sisi layar yang masih tersisa. Layar televisi yang digunakan sendiri merupakan 4K OLED screen dari LG. Seolah belum cukup, televisi ini juga diperkuat dengan kehadiran Dolby Vision™ HDR yang membuat pengalaman menonton seperti sedang berada di sinema. Ketajaman visual dan audio yang tidak diragukan. Perpaduan yang sempurna antara televisi dan pengeras suara, bukan? Harmoni, katanya. 

You clearly don't need to be a technology or interior design expert to appreciate this beauty, do you?