Cerminan Kota Abadi Roma di Koleksi Fendi Haute Couture Fall 2021

Jika koleksi tahun lalu menyorotkan progress adaptasi Kim Jones setelah perpindahannya dari Inggris ke Italia, maka koleksi FENDI kali ini menyuguhkan cerita bagaimana sang desainer jatuh cinta pada kota abadi, Roma. 

Fendi Haute Couture Fall 2021 (Foto: Dok. Fendi)

Jones juga mencoba menunangkan pendekatan kontemporer dengan suguhan busana-busana yang membawa kembali pada masa-masa Roman kuno dengan gaun-gaun megah yang dilengkapi dengan bulu, jacquard sutra, indet dengan bordir Cornely dan manik-manik kristal. 


“Rome is a fascinating city because it has so many pasts – and I was drawn to Pasolini because I have always been inspired by his vision of the world...”
- Kim Jones
 

Sedangkan, koleksi aksesoris terinspirasi dari kemegahan marmer-marmer Itali. Perhiasan ukiran tangan beriak dengan gerakan, seolah membeku dalam waktu. Mosaik Mother of Pearl dilapisi gaun tulle, tas tangan, dan sepatu, lalu jumper yang dibalut dengan bulu domba Persia. Sebuah koleksi yang didedikasikan sebagai bentuk transfigurasi puitis dari masa lalu hingga masa sekarang. 

Fendi Haute Couture Fall 2021 (Foto: Dok. Fendi)

Persimpangan budaya Roma Kuno juga ia cerminkan melalui kehadiran para model yang beragam, yang terdiri dari model dari segala usia. 

“At the time, it was the centre of the world,” ungkap Jones. “I wanted to include all of the people who would have inhabited it then, as well as now”.

Jones menyuguhkan koleksi dengan pertunjukkan penuh sinematik, memberikan sorotan yang menambah pesona akan koleksi kali ini. Pertunjukan tersebut disutradarai oleh direktur film pemenang penghargaan, Luca Guadagnino (Call Me By Your Name) yang juga merupakan teman pribadi Kim Jones.