Berluti Winter 2021: Koleksi Terakhir Karya Kris Van Assche di Berluti

We are living apart together. Kurang lebih kata-kata tersebut menjadi deskripsi yang tepat untuk menggambarkan situasi dunia di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Melalui koleksi Berluti Winter 2021, direktur Artistik Kris Van Assche menuangkan renungannya tentang segala keterbatasan yang dihadapi selama pandemi. Koleksi ini juga menjadi koleksi terakhirnya sebagai direktur artistik untuk label busana asal Paris tersebut.

Menggandeng video director Antoine Asseraf dan creative consultant Yoan Lemoine (aka Woodkid), perhelatan yang dilaksanakan di dua tempat yang berbeda ini menyuguhkan koleksi penuh warna dan tekstur yang terinspirasi akan karya contemporary painter, Lev Khesin.

Sang seniman kontemporer asal Rusia yang tinggal di Berlin ini mengekspresikan dirinya dalam pola abstrak melalui berbagai lapisan dan warna cat silikon. Hal ini kemudian dapat dilihat pada setelan yang dieksekusi dengan color blocking dari palet sang artis. Sedangkan Hooded jacket dan jaket kulit seakan menghidupkan visual Lev Khesin dengan pola geometris.

Berluti Winter 2021 (Foto: Dok. Berluti)

Sebagai label busana yang dibesarkan oleh empat generasi pembuat sepatu dan terkenal akan karya leather goods-nya, Berluti menyematkan teknik point norvégien pada outerwear dan juga busana setelan. Secara keseluruhan, koleksi ini memadukan pakaian formal klasik.

Berluti Winter 2021 (Foto: Dok. Berluti)

Pada 21 April lalu, Kris Van Asche resmi mundur sebagai direktur artistic Berluti. Hal ini ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya. Sehingga koleksi Berluti Winter 2021 ini menjadi koleksi terakhir karya Kris Van Asche untuk berluti.

“After three years at Berluti, I am announcing my departure from the brand as it’s artistic director. These three years at Berluti have been extremely intense. Reinventing and reshaping the brand’s DNA, it’s history and tradition, craft and luxury in a contemporary and creative manner was definitely a challenge, and all limitations and restriction around COVID-19 didn’t help. So I want to express endless gratitude to my creative team for always delivering miracles, no matter what.”