A Little Help Will Do

I believe that this is not the right time to compete, it is the time to complete each other. 

Hi, how are you? It has been quite a while since the first time we started this new habit. Mungkin, memang dengan melakukan isolasi diri ini Anda dan saya terhindar dari ancaman virus. Namun, saya juga percaya bahwa pandemi yang sedang berlangsung tidak hanya mengganggu pikiran Anda tentang kesehatan atau keselamatan nyawa. Bagaimana dengan bisnis yang Anda jalani? Atau, mungkin target yang seharusnya dicapai jika Anda adalah seorang pegawai kantoran? Tidak mungkin jika Anda tidak dihantui pikiran tentang bagaimana mempertahankan ini semua. 

I believe that this is not the right time to compete, it is the time to complete each other. Ini adalah waktu yang tepat untuk bahu membahu saling membantu. Berapa banyak gerai kopi di luar sana yang mungkin adalah favorit Anda sedang berjuang mati-matian untuk bertahan? Untuk membayar uang sewa atau membayar gaji pegawai? Oh, atau bahkan mereka harus dengan terpaksa melepaskan karyawan yang padahal sebentar lagi akan merayakan lebaran. Saya tidak mengalami apa yang mereka alami, namun saya tau pasti bahwa itu bukanlah sesuatu yang mudah. Hal yang serupa juga tentu dialami industri lain yang menawarkan kebutuhan non-pokok.

During this hard time, I would like to ask you to stand hand in hand (well, obviously not in its literal meaning). Pembelian yang Anda lakukan tanpa disadari mungkin dapat membantu mereka yang saat ini sedang berjuang setengah mati. Saya melihat bagaimana begitu banyak brand yang menawarkan layanan antar makanan. Gerai mereka sepi pengunjung. Beberapa pusat perbelanjaan bahkan tidak beroperasional. Sebagian dari Anda juga mungkin berpikir bahwa lebih baik memasak sendiri di rumah. Sebagian dari Anda juga berpikir lebih baik menyimpan dana darurat karena tidak tau sampai kapan pandemi ini berlangsung. Memang, nasi dan telor ceplok pun cukup untuk sekadar kenyang. I know because I do feel the same. But, seriously, a little help wil do. 

Jika mungkin memang Anda merasa tidak perlu membeli makanan dari luar di saat-saat seperti ini, tenang, jangan bersedih hati. Ada begitu banyak hal yang sesungguhnya dapat diusahakan. Saya yakin dengan berdiam diri di rumah, intensitas penggunakan telepon genggam dan media sosial pun meningkat. Mungkin Anda dapat memanfaatkannya dengan membagikan gerai favorit Anda kepada teman-teman virtual. Siapa tau saja ada yang tertarik untuk membeli.

Ini bukan sedang saling berlomba mengenai siapa yang dapat bertahan lebih lama. Lagipula, apa gunanya bertahan jika hanya seorang diri saja?