Yamanashi Fruit Museum and Garden: Museum Puncak Bukit

Entah apa yang ada dipikiran Itsuko Hasegawa ketika mendesain museum ini, namun yang jelas buah karya dari wanita kelahiran Shizuoka tahun 1941 ini telah menjadi ikon wisata di bagian Prefektur Yamanashi.

Itsuko Hasegawa arsitek wanita kenamaan di Jepang, dia telah merancang sejumlah bangunan yang memenangkan penghargaan di Jepang dan di luar negeri. Itsuko Hasegawa adalah lulusan Teknik Arsitektur dari Kanto Gakuin University pada tahun 1964. Ia lalu melanjutkan studi di Tokyo Institute of Technology dan pernah jadi dosen di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Untuk karirnya, ia juga penerima penghargaan “Honorary Fellow” dari Royal Institute of British Architects.

Yamanashi Fruit Museum and Garden mulai ia kerjakan pada tahun 1995 dan selesai tahun 1997. Dibangun berbentuk bola kaca raksasa di atas puncak sebuah bukit di mana semua pemandangan Kota Kofu di bawahnya terlihat jelas juga sebagian puncak gunung Fuji. Sekilas, bagian luar Yamanashi Fruit Museum and Garden yang dipenuhi bunga-bunga cantik, mengingatkan saya akan The Royal Greenhouses of Laeken, yang ada di Kota Brussels, Belgia.

Museum ini berdiri dengan megah di puncak bukit, dikelilingi taman bunga yang indah. Dengan panorama sekitar dan fasilitas yang dimiliki, museum ini kini menjadi incaran wisata utama di sekitar Gunung Fuji.

Prefektur Yamanashi memang daerah pegunungan subur. Sekitar 78% dari wilayahnya adalah hutan di mana ada tiga taman nasional di sini yakni Fuji-Hakone-Izu National Park, Chichibu-Tama-Kai National Park, dan Minami Alps National Park. Dan Prefektur Yamanashi juga tujuan populer untuk pariwisata terutama ekowisata. Gunung Fuji, 5 danau, Kota Kofu, perkebunan anggur, Erin-ji Temple, dan Kuonji Temple adalah destinasi favorit pengunjung.

Wilayah ini juga terkenal sebagai penghasil buah-buahan terbaik di Jepang terutama anggur, persik, dan buah plum. Untuk anggur mudah ditemui, ladang-ladang anggur terbaik di Jepang tersebar di lembah-lembah pegunungannya. Bahkan wine yang dibuat di wilayah Koshu adalah yang paling terkenal di dunia.

Yamanashi Fruit Museum and Garden adalah kelompok tiga bangunan di dekat Gunung Fuji yang menyerupai rumah kaca bulat besar. Dan Itsuko Hasegawa mengekspresikan museum ini untuk mewakili tiga simbol spiritual sensuality, intelligence, dan lust. Museum ini juga memiliki area yang luas, dan taman-taman terbuka, hingga kolam renang.

Uniknya, meski museum ini buka dari pagi hingga sore hari namun pengunjung yang datang umumnya malah sore hingga malam hari. Dan tujuan mereka ke sini bukanlah ke museum melainkan hanya memasuki area sekitar museum demi bisa menikmati panorama malam hari Kota Kofu. Memang dari atasnya, diakui sebagai satu dari tiga tempat terbaik di Jepang untuk menikmati kerlap-kerlip lampu perkotaan yang tampak menakjubkan di bawahnya.

Tiga Bagian Penting Yamanashi Fruit Museum and Garden

Teks & Foto: Zulmahmudi

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON