We Found Out How Hard The Process For Athlete To Compete at Asian Games 2018

Asian Games 2018 memang telah usai, tapi perjuangan para atlet yang bertanding masih menempel di benak saya. Mungkin sempat terpikirkan oleh Anda dari mana kehebatan mereka? Saya membayangkan bahwa mereka adalah individu yang sangat hebat pada bidang olahraga masing-masing yang telah lama digeluti. Ternyata, tidak semudah yang dibayangkan untuk menjadi atlet yang berlaga pada ajang besar tersebut. Memiliki bakat, pengalaman, dan prestasi nampaknya belum tentu cukup untuk bisa dianggap layak bertanding pada acara olahraga kelas internasional ini.

Beberapa waktu lalu, saya bertemu dengan salah satu atlet dari cabang olahraga Karate yang kehilangan kesempatan untuk ikut bertanding pada Asian Games 2018. Devina Dea, atlet putri Karate berprestasi yang menjelaskan proses yang cukup panjang untuk mengikuti ajang ini. Ia menceritakan bahwa ada keputusan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) yang mengharuskan adanya beberapa langkah yang dilewati untuk setiap atlet yang akan dikirim pada Asian Games.

Devina Dea (kanan) [Foto: Dok. Tirto]
Ia menjelaskan bahwa tahapan yang ia dan kawan-kawannya lewati ialah antara lain seleksi awal, kemudian masuk kepada pelatnas. Tidak hanya sampai disitu saja, dalam pelatnas juga diadakan seleksi lanjutan dan rangkaian proses lainnya hingga akhirnya layak untuk bisa bertanding dalam laga di setiap nomor pertandingan Karate Asian Games 2018.

Devina Dea (Foto: Dok. Tirto)

Devina sudah memberikan target pada dirinya sendiri untuk bisa berlaga pada ajang olahraga terbesar di Asia tersebut pada tahun ini. Padahal, ia telah mengikuti dan sangat berprestasi di banyak ajang olahraga kelas nasional dan internasional. Diantaranya adalah, mendapatkan medali perunggu dan medali emas pada Southeast Asia Karate Federation Championship 2017, medali emas dan perunggu pada PON Jawa Barat 2016, 2 medali perak pada ASEAN University Games 2014. Apa boleh dikata, keputusan dari federasi olahraga tidak bisa diganggu gugat. Devina terpaksa harus mendapatkan target yang lain karena ia tidak lolos pada banyak rangkaian yang harus ia lewati.

Devina Dea (kanan) [Foto: Dok. Bola]
Bagi para atlet yang telah berjuang demi nama Indonesia di Asian Games 2018, kami ucapkan terima kasih telah mlengharumkan nama bangsa. Bagi Anda, para atlet yang mungkin belum beruntung untuk bertanding pada pesta olahraga tersebut, kami tunggu prestasi Anda yang jauh lebih besar dari ini agar turut membanggakan Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON