Things That I’d Like To Tell The Young Me

(Foto: Dok. Andreas Winfrey)

Dalam hitungan hari, usia saya akan bertambah. Seperti biasanya ketika akan berulang tahun, saya mencoba merenung sejenak, memikirkan pencapaian apa saja yang telah saya lakukan selama setahun belakang, juga kesalahan-kesalahan yang saya buat.

Ada banyak hal yang sebenarnya ingin saya sampaikan kepada diri saya sendiri ketika masih muda. Andai saja mesin waktu Doraemon itu nyata, mungkin saya akan membelinya.

1. THIS WORLD IS A MESSY PLACE WHERE MOST PEOPLE ARE EVILS. EVEN THE GOOD ONES.

via GIPHY

Pelajaran terbesar saya adalah untuk tidak mudah percaya dengan mudah. You can only be hurt by people you think will never hurt you, and they do, trust me, they do. Everyone wants to be happy, and they might hurt you just to make themselves happy, whether they do it on purpose or not.

2. YOU NEED TO LOVE MORE TO GET MORE LOVE!

via GIPHY

Bukan hanya masalah keuangan saja yang menjadi penyesalan saya, tetapi juga masalah romantisme. Bukannya menganjurkan anak muda untuk berpacaran, tapi saya percaya bahwa bagaimana cara Anda menjalani sebuah hubungan dewasa, berpengaruh dari pengalaman hubungan ketika remaja. Tentu di dalam tahap wajar dan normal. Tentu sama seperti hal lainnya, memiliki banyak pengalaman, termasuk dalam hal percintaan, akan mampu mendewasakan.

3. A MAN IS ALSO VALUED BY WHAT HE CAN DO

via GIPHY

Andai saja saya memiliki keahlian atau kemampuan lebih dari yang sekarang saya miliki sekarang ini, mungkin kesempatan saya untuk menjadi orang yang lebih sukses terbuka luas. Saya ingin bisa berbicara dalam banyak bahasa asing, saya ingin bisa bermain alat musik, saya ingin bisa banyak hal. Sayangnya, sekarang sulit sekali menyisihkan waktu untuk mempelajari itu semua, karena hari-hari sudah dipadati dengan kesibukan kerja dan lain sebagainya.

4. SPEND MORE TIME WITH YOUR PARENTS, THANK THEM, AND TELL THEM YOU LOVE THEM

via GIPHY

Hal tersebut baru saya sadari setelah Ibu saya meninggal beberapa tahun lalu. Karena terlalu sibuk dengan urusan sendiri, saya kerap lupa dengan orang tua.  You’ll never know when will be the last time you see theim. It could be ten years from now, it could be next week, it could be tomorrow, or it could be today. The harsh truth, everyone dies. It’s just a matter of when.

5. BEING RICH BEGINS WHEN YOU ARE YOUNG

via GIPHY

Salah satu penyesalan terbesar yang ada pada diri saya adalah tidak membiasakan diri untuk menabung sedari kecil, atau setidaknya sedari saya mulai bekerja dan mendapat gaji. Selain karena gaji saya di awal kerja sangat pas-pasan, kebutuhan hidup masa kini memang sungguh menguras isi tabungan. Sekarang saya tidak punya tabungan yang cukup untuk membeli berbagai kebutuhan dewasa. Baru mulai menabung di umur 25 tahun ke atas dengan gaji seorang pekerja kantoran untuk mampu membeli sebuah rumah di tahun 2018 hampir mustahil. Sekarang, kalau saya bertemu dengan rekan kerja yang baru saja bergabung di perusahaan atau bertemu dengan adik teman atau saudara yang baru bekerja, maka “menabunglah” menjadi saran utama yang saya berikan. Atau berinvestasi juga mungkin menjadi hal baik untuk dilakukan.

6. LIFE IS NOT FAIR AND IT NEVER IS

via GIPHY

I put so much pressure on myself when I was young. Little did I know that this life is not fair, and it never is. Membandingkan kehidupan yang saya miliki dengan kehidupan orang lain yang lebih baik tidak akan pernah bisa mengubah apapun. How you deal with what you have is much better than longing for something you don’t or will never have. Make peace with yourself and keep going. Life doesn’t get better, you just get numb and wiser.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON