Some Food and Wine Pairing Education for You

Terrazas des los Andes (Foto: Dok. Moet Hennessy)

Saya yakin Anda setidaknya pernah mendengar Moet Hennessy, perusahaan terbesar di dunia bidang wine dan spirits mewah. Tapi tahukah Anda, bahwa perusahaan tersebut juga menaungi sebuah label wine bernama Terrazas des los Andes? Lalu, apa yang menarik dari label wine tersebut?

Jujur, pertanyaan tersebut juga ada di pikiran saya sebelum sampai di BACCO Jakarta, Lotte Shopping Avenue, yang menjadi lokasi acara food and wine pairing antara hidangan karya Chef Chandra Yudasswara dan tiga varian wine dari Terrazas des los Andes.

Sebelum saya akhirnya dapat menebus rasa lapar siang itu, Belinda Luis, Brand Manager Champagne and Wines – Moet Hennessy Indonesia, sempat memberi edukasi mengenai wine, tata cara menikmati wine dan wine tasting, serta tentunya juga penjelasan mengenai Terrazas des los Andes. Di sinilah pertanyaan saya di awal tadi terjawab.

Belinda Luis (Foto: Dok. Moet Hennessy)

“Terrazas wines grew at its ideal altitude, at the foothill of Andes as elevation directly impacts temperature and generally speaking the optimum growing and ripening conditions of each variety. This creates a unique ‘vibrant classic’ style of wine combining French know-how and Argentinian terroirs…”Belinda Luis, Brand Manager Champagne and Wines – Moet Hennessy Indonesia

Terrazas des los Andes merupakan wine yang anggurnya berasal dari Argentina, tepatnya di tengah Mendoza. Label ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1996, sedangkan winery-nya sudah ada sejak tahun 1898. So each bottle contains a long history. Terrazas de los Andes menjadi pionir bagi pemeliharaan anggur di altitude tinggi Argentina.

Hal lain yang menarik bagi saya adalah bagaimana Moet Hennessy mengadakan acara food & wine pairing ini pada kesempatan makan siang, padahal acara serupa biasanya dilakukan pada malam hari. Hingga akhirnya setelah mencicipi semua varian wine yang tersedia siang itu, saya menyadari bahwa memang wine Terrazas de los Andes cocok dinikmati di berbagai kesempatan, dari kasual hingga formal. Chardonnay-nya terbilang ringan dan menyegarkan. It’s always a good time!

Terrazas Altos del Plata Chardonnay, white wine dengan note rasa fruity profile, serasi untuk Anda nikmati bersama seafood, salad, keju, ayam, atau hidangan creamy. Maka dari itu, Chef Chandra memadukannya dengan Mushroom Cappelletti dan Burrata Caprese dalam balutan bumbu keju creamy.

Sedangkan Terrazas Malbec Reserva, yaitu anggur merah dengan rasa dan aroma intens, dihidangkan dengan Black Angus Tenderloin. Memang red wine kerap dipadukan dengan sajian daging merah.

Terakhir, sajian penutup berupa Vanilla and Chocolate Pannacota dinikmati bersama red wine Terrazas Altos del Plata Malbec dengan note rasa berries dan caramel. Nyatanya, Anda tetap dapat menikmati red wine untuk sajian manis. Kedua rasa tidak bertabrakan, selama rasa red wine tidak seintens rasa red wine untuk main course.

Chef Chandra Yudasswara (Foto: Dok. Moet Hennessy)

Aktivitas bersantap food & wine pairing mungkin dapat menjadi aktivitas menarik untuk dilakukan bersama orang terkasih atau sahabat-sahabat terdekat. Apalagi jika hidangan yang disajikan merupakan karya Anda sendiri. Now that we have learned one or two things about it from Terrazas des los Andes, shall we ask you for a lunch or dinner sometime?

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON