Lucky Number Eight by Indonesia’s Pencak Silat Athletes!

Perlu diakui, pencak silat sudah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia. Memang, di berbagai bagian dunia lain, olahraga ini juga turut dinikmati. Namun, pencak silat memiliki korelasi tersendiri dengan bangsa ini. Let me mention a name, Wiro Sableng. And, you guys might say, “Ahhh, right”.

To be honest, I am totally blind about this type of sports. Saya tidak mengerti bagaimana perhitungan nilai dari cabang olahraga ini. Meskipun sudah menonton berkali-kali, saya pun masih tidak paham. Satu yang saya pahami dari keseluruhan pertandingan hanyalah emosi dari kedua belah pihak. Well, how can you not?

Pesilat Indonesia Komang Harik Adi Putra (kiri) melepaskan tendangan ke arah pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari (kanan) dalam babak final Kelas E Putra Asian Games 2018. [Foto: Dok. INASGOC] 
Namun, bagaikan makanan sehari-hari, terlihat sekali bahwa atlet perwakilan bangsa sangat menguasai pencak silat. We all know that all the eight gold medals were taken by our very own athletes! Meskipun terlihat banyak sekali drama di dalamnya, nyatanya para atlet dinyatakan memenangkan seluruh pertandingan untuk cabang olahraga pencak silat.

Sarah Tria Monita dengan Medali Emas (Foto: Dok. INASGOC)

Pencak silat merupakan salah satu olahraga yang mewajibkan setiap pemain menjatuhkan musuh dalam artian sebenarnya. Pergulatan sengit yang berujung pada luka pada para pemain merupakan hal yang tidak terhindarkan. Saya begitu terharu melihat salah satu atlet pencak silat, Sarah Tria Monita, dengan lebam di bagian mata sebelah kanan. You know how painful it is just by looking at the picture. Yet, I guess it was all worth it. Suami dari Sarah, Iqbal Candra Pratama, turut menyumbangkan medali emas bagi Indonesia melalui pencak silat.

Dengan demikian, nampaknya tidak salah jika saya mengatakan bahwa para petarung ini merupakan contoh dari pahlawan bangsa. Bagaimana tidak? Mereka bertarung jiwa dan raga demi mengharumkan nama bangsa. So, congratulations to all heroes! We owe it all to you!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON