Let Us Tell You Some Things You Can Do in Dubai

Menginjakkan kaki di tanah Dubai merupakan impian banyak orang. Kota di United Arab Emirates (UAE) tersebut memang terkenal dengan segala kemewahan tiada tara. Salah satu buktinya, Dubai menjadi tempat di mana Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia berada. Namun nyatanya, Dubai juga kaya akan budaya. Beragam aktivitas untuk mengulik tradisi Dubai dapat Anda lakukan selama di sana.

Tak perlu bingung jika Anda belum pernah ke Dubai. Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU) siap membantu memaksimalkan liburan Anda di saana. Segala macam pertanyaan dan bantuan dapat diberikan. Beberapa hal ditawarkan oleh SMCCU, termasuk beragam tur wisata.

1. Tur Cultural Heritage

Al Fahidi Historical District (Foto: Dok. Dubai Tourism Indonesia)

Anda dapat mengikuti sebuah tur untuk mengunjungi Mesjid Diwan dan wilayah bersejarah Al Fahidi, yang merupakan salah satu kawasan tradisional tertua di Dubai. Tur ini dapat dilakukan setiap Sabtu mulai pukul 09:00, juga Minggu, Selasa, dan Kamis mulai pukul 10:30. Kehidupan Dubai pada abad ke-19 hingga 1970an terpampang di area Al Fahidi. Gedung Barajeel yang dibangun menggunakan material batu dan gipsum pastinya sekarang menjadi spot foto yang justru sangat kekinian!

2. Tur Creekside (sungai kecil)

Traditional abra in Dubai Creek (Foto: Dok. Dubai Tourism Indonesia)

Dengan membayar AED275 atau Rp1.076.000,00 per orang, Anda dapat menikmati tur selama dua jam untuk menaiki perahu kayu tradisional. Perahu ini akan menyeberangi Dubai Creek, mengunjungi pasar emas tradisional (yaaay gold!), pasar tradisional yang menjual rempah-rempah, juga pasar kain tradisional, dan mesjid di sekitarnya.

3. Menikmati Daging Unta

Camel Burger (Foto: Dok. Dubai Tourism Indonesia)

Jika Anda ingin berpetualang rasa, Dubai juga dapat menjadi tempat yang menarik. Daging Unta banyak diolah menjadi hidangan. Hal ini bukan sesuatu yang tidak lazim bagi masyarakat lokal. Daging Unta biasa dihidangkan pada acara pernikahan atau acara spesial lainnya, bahkan hingga sekarang.

Camel Koftah (Baso Unta)
Lokasi: Local House, Al Fahidi Historical Neighborhood
Selain Baso Unta, di restoran ini juga Anda dapat mencoba daging hewan lainnya, seperti rusa dan zebra. Local House sendiri telah menyajikan santapan otentik khas Arab lebih dari satu dekade. Harga untuk Baso Unta ini sekitar AED 75 atau Rp294.000,00.

Susu Unta
Lokasi: Majlis, Dubai Mall
Ketika mengunjundi Dubai Mall, jadikan kesempatan tersebut untuk mencoba susu unta yang mengandung banyak vitamin, dan dipercaya dapat mengurangi resiko kanker usus besar. Harga: AED 18 – AED 26 atau Rp70.500,00 – Rp102.000,00.

Burger Unta
Lokasi: Switch, Dubai Mall
Di Dubai Mall juga terdapat sajian Burger Unta. Konon, makanan cepat saji ini tidak berkalori tinggi. Burger Unta di Switch dipatok dengan harga AED 81 atau Rp317.000,00.

4. Falconry (Seni Berburu dengan Elang)

Dubai Falconry (Foto: Dok. Dubai Tourism Indonesia)

Falconry adalah salah satu tradisi tertua paling membanggakan di Dubai. Pelatihan dan perburuan burung elang telah ada di kehidupan Emirat sejak abad ke-13. Katanya, zaman sekarang beberapa elang bahkan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga mobil Porsche. Dubai’s Falcon and Heritage Sports
Centre di Nad Al Sheba adalah tempat yang paling tepat untuk mempelajari dan mengikuti aktivitas falconry di Dubai. Terdapat pula pasar tradisional di mana burung diperjualbelikan secara legal dan Falcon Museum yang menampilkan warisan elang Arab kuno.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON