It’s Time to Pull The Brake for A Little While

Seni merupakan suatu bidang ilmu yang paling subjektif menurut saya. Bagaimana tidak, apa yang menurut anda indah, belum tentu dipandang indah oleh individu lain. Tidak semua seni dapat Anda terjemahkan dengan mudahnya. Sometimes art can be left as a mystery.

Berkecimpung di dunia media mengizinkan saya untuk melihat begitu banyak karya seni, khususnya di Indonesia. Begitu banyak seniman yang tidak pernah saya dengar sebelumnya, namun nyatanya memiliki hasil karya yang menakjubkan. And, again, it is in my very own opinion, art is very personal, don’t you think so? Kali ini saya perlu memasukkan nama Goenawan Mohamad ke dalam daftar seniman favorit.

Ruang Vakansi (Foto: Dok. Hotel Monopoli)

Hasil karya dari Goenawan Mohamad mampu menarik saya seolah masuk ke dalamnya. Begitu gelap, hal ini lah yang ada di benak saya kala itu. Beberapa karya turut disertai bait puisi di dalamnya yang semakin menambah kedramatisan karya. Satu yang menjadi favorit saya adalah karya dengan guratan pen pada media kertas, disertai dengan sedikit tinta berwarna, dan sedikit bait puisi. Begitu sederhana di pandang mata, namun memiliki kekuatan magis untuk membuat mereka yang memandang turut larut.

Goenawan Mohamad (Foto: Dok. Hotel Monopoli)

Tajuk ‘Ruang Vakansi’ sungguh menggambarkan keseluruhan pameran yang berlangsung pada 28 Agustus hingga 13 September ini. Untuk sesaat, saya merasa tidak sedang dalam diri saya, yang memiliki begitu banyak beban di pundak. For a little while, my soul is on vacation, enjoying each piece of art. Dipamerkan di Hotel Monopoli, Kemang, juga semakin membuat tajuk ini sempurna. Bagi saya pribadi, entah mengapa, Hotel Monopoli berbeda. Mungkin karena konsep yang unik, Anda dapat merasa seolah tidak sedang berada di hotel dalam kota sendiri.

Ruang Vakansi (Foto: Dok. Hotel Monopoli)

For once, your vacation might only take one hour the longest. So, what are you waiting for? It’s time to pull the brake for a while. 

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON