It’s Been an Art Days Night

It’s Been an Art Days Night

Mungkin bagi Anda pribadi, mendengar nama Le Merdien bukanlah sesuatu yang asing lagi. Nama hotel tersebut sudah menjadi lazim diketahui, atas prestasinya menjadi salah satu, di antara jajaran nama besar hotel berbintang di dunia. Belum lagi hotel ini juga tergabung dalam Starwood Group, yang sudah terkenal membawahi deretan nama besar hotel berkelas. Namun mungkin saja, belum banyak dari Anda yang mengetahui bahwa Le Meridien Hotel memiliki visi dan misi untuk memenuhi kepuasan bermalam pelanggan yang secara spesifik memiliki minat terhadap seni dan kuliner. Dan mungkin pula, setelah mengetahui hal ini, anda seperti juga saya, menjadi lebih peka dan mengerti akan eksistensi seni yang memang dijunjung tinggi dalam struktur bangunan dan interior hotel tersebut.

Pengalaman akan terbukanya kelima indra saya akan karya seni dalam Hotel Le Meridien baru betul saya rasakan ketika beberapa waktu yang lalu, saya diundang untuk bermalam di Hotel terbaru mereka, yaitu Le Meridien Jimbaran Bali. Hotel dengan desain menakjubkan ini terletak tepat di jantung kawasan Jimbaran, dan sangat mudah dijangkau dan menjangkau kawasan hiburan lainnya. Jika kebanyakan hotel, memiliki lobi di lantai dasar, Le Meridien Jimbaran ini justru memposisikan lobinya di lantai dua, menghadap hamparan luas kolam renang dan laut lepas samudra Hindia. Dihiasi oleh banyak sekali instalasi seni yang menambah indahnya pemandangan yang dicerna mata, dan akhirnya turun ke hati masing-masing kami.

mer3744gr.129543Desain kontemporer boleh saja menjadi acuan para arsitek dunia dalam merancang hotel ini, namun keseluruhannya tetap saja mengadopsi unsur-unsur lokal yang jika diperhatikan akan sangat banyak bertebaran di seluruh pelosok hotel tersebut. Mulai dari nuansa gelombang air laut, batik, hingga motif keramik yang digunakan, secara implisit akan membuat anda merasa kerasan dan nyaman. Belum lagi dengan deretan restoran serta lounge yang siap memanjakan lidah Anda dengan berbagai kreasi hidangan dan cocktailnya. Seperti restoran “Bamboo Chic”, yang populer dengan kelezatan masakan Fusion Asian, “Smoqee Lounge & Sky Bar”, yang merupakan bar dan club eksklusif untuk berpesta, serta “Wala” yang memang diperuntukkan bagi Anda pecinta sajian manis pencuci mulut.

mer3744gb.129546Satu hal yang begitu menarik bagi saya sendiri adalah konsistensi dari hotel tersebut dalam mempertahankan arahan desain dan alur jiwanya ke arah kesenian. Mulai dari produk dekoratif rancangan Michael Bogaard, yang bertebar di seluruh bangunan, hingga ruang lobi yang lebih tepat menyerupai sebuah galeri tersebut. Selain itu, Le Meridien Jimbaran Bali juga menerapkan konsep “Unlock Art”. Yang mana setiap tamu yang hadir juga mendapat fasilitas untuk mengunjungi beberapa ruang seni dan galeri yang memang menjalin kerja sama dengan hotel tersebut. Jadi kunci kamar yang didapat, bukan hanya dapat membuka kamar tempat kita bermalam, namun juga membuka wawasan serta minat kita terhadap perkembangan kesenian kontemporer di Bali. Sebuah konsep yang memang baru pertama kali saya dengar. Sebuah detail kecil, yang setelah ditelaah lebih dalam, justru menghasilkan imbas luar biasa besar bagi minat kami para pengunjungnya. Sebuah kenyataan dimana hati ini telah jatuh di tangannya, dan enggan untuk berpindah ke yang lainnya.

Teks: Adrian Prambudi / Foto: Dok. Starwood

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON