Defia Rosmaniar, The First Indonesian Gold Medalist at Asian Games 2018

Cabang olahraga Taekwondo adalah salah satu yang saya nantikan di Asian Games 2018. Entah mengapa, kemarin saya memaksakan kehendak untuk pergi ke JCC Plenary Hall untuk melihat pertandingan Poomsae. Ketika memasuki ruangan, ternyata pertandingan Final Women Individual Poomsae tengah berlangsung.

Begitu beruntungnya saya melihat momen bersejarah, Indonesia memenangkan medali emas pertama melalui Defia Rosmaniar setelah mengalahkan Korea Selatan di laga semifinal dan Iran di laga Final. Bulu kuduk pun berdiri ketika Indonesia Raya berkumandang saat Ceremony berlangsung.

Defia Rosmaniar (Foto: Dok. INASGOC)

Saya sempat sedikit berbincang bersama sang juara setelah ia turun dari podium. Ia berkata, dirinya sangat merasa tegang saat laga semifinal melawan Korea Selatan. Selain karena ditonton oleh Presiden Joko Widodo, lawannya ialah atlet dari negara cabang olahraga tersebut berasal. Namun ia berusaha pasrah kepada jalan Tuhan dan berusaha melakukan yang terbaik. Defia turut menuturkan, semangat suporter Indonesia yang begitu meriah menambah semangatnya. Karena sejujurnya, ia tidak menyangka begitu banyak orang yang datang untuk mendukungnya.

(Foto: Dok. INASGOC)

Defia juga berkata dari seluruh rangkaian persiapan Asian Games 2018, saat-saat pelatihan di Korea Selatan lah yang paling berat. Ia diharuskan berlatih selama kurang lebih empat bulan di sana, serta di proses pelatihan itu pula ia harus kehilangan sang ayah yang telah mendukungnya selama ini. Meski sempat kembali ke Indonesia beberapa hari, ketika kembali ke Korea Selatan, Defia memiliki semangat dan energi yang penuh. Tak heran jika ia memang dijagokan untuk menang pada kelas Women Indiviual Poomsae. Medali emas yang didapatnya kali ini pun bukanlah yang pertama, Defia telah mendapatkan sekitar 15 media emas lainnya di nomor yang sama pada beberapa kesempatan.

Jika Anda ingin mendukung para atlet Indonesia secara langsung, sila kunjungi laman resmi Asian Games 2018 atau beli tiket secara langsung di Ticket Box Pintu 7 Gelora Bung Karno.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON