Budaya Indonesia Dalam Desain Interior Modern Anda!

Menjadi seorang desainer interior pernah menjadi mimpi saya. Meskipun tidak tercapai, hingga saat ini, saya pun masih tertarik dengan dunia tersebut. Mulai dari sekedar jelajah di internet atau sosial media hingga mengunjungi gerai khusus interior hanya untuk melihat-lihat. Entah ini dikarenakan kesukaan saya pada permainan The Sims kala itu atau bukan.

Saya pribadi tidak pernah menyangka bahwa kebudayaan Indonesia akan menjadi sangat menarik ketika melebur dengan desain modern. Saya pikir, hanya akan cocok ketika dibuat menjadi referensi untuk rumah tradisional. Namun, tentu saya (dan, mungkin juga anda) salah. Terima kasih kepada 12 desainer interior Tanah Air yang mampu memupuskan persepsi saya.

The Soul of Java by Anita Boentarman (Foto: Dok. Tim Muara Bagdja)

Dua belas desainer interior yang tergabung dalam ID12 mempersembahkan pameran THE COLORS OF INDONESIA III: MAISON12. Pameran ini memberikan gambaran interior khusus untuk hunian apartemen yang diselenggarakan di atrium Senayan City Mall Jakarta pada tanggal 14 hingga 23 September 2018. Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, berbagai kebudayaan Indonesia menjadi inspirasi utama dari pameran ini. Anda diizinkan untuk melihat ruangan dengan elemen-elemen dari wilayah Sumba, Papua, Borneo, dan Jawa. Dan tentunya, dengan gaya yang sangat modern.

The Voyage of Borneo by Yuni Jie (Foto: Dok. Tim Muara Bagdja)

Salah satu yang menjadi favorit saya adalah ruang tamu rancangan Anita Boentarman. Meskipun dibuat dengan gaya modern, entah mengapa saya masih dapat menangkap unsur Jawa dari interior ini. Ruangan yang didominasi dengan warna-warna pastel seperti hijau muda dan krem ini sukses membuat saya ingin segera membangun hunian pribadi. Ah, satu lagi! Kamar mandi dengan inspirasi dari Borneo karya Yuni Jie. Saya rasa tidak masalah jika saya harus tidur disana.

Nampaknya, tren interior dengan inspirasi kebudayaan Indonesia akan semakin diminati oleh publik. Bagaimana dengan kalian?

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON