Actress Karina Suwandi Tells Us How To Overcome Struggles In Life

Karina Suwandi in Lanvin (Foto: Rizki Mashudi / Penata Gaya: Perkasa Kusumah Putra / Penata Rias & Rambut : Bubah Alfian)

Kaum kuat bukanlah kaum yang mampu menunjukkan kehebatannya dibandingkan kaum lain, melainkan yang mampu menyejajarkan semua kaum pada dataran yang sama. Dari sekian banyak hal mengenai takdir manusia, menjadi pria ataupun menjadi perempuan adalah salah satu hukum kehidupan paling tabu untuk dipertanyakan. Padahal, satu hal yang menurut saya paling manusiawi adalah naluri ingin menjadi. Apapun konteksnya. Menjadi hebat, menjadi sempurna, ataupun menjadi yang dicintai. Maka jika dipikir lebih dalam, tentu musuh terbesar manusia tak lain adalah takdirnya sendiri. Takdir yang membagi keinginan dan kodrat ke dalam dua kotak berbeda.

Karina Suwandi isn’t the kind of woman that you see everyday. She is another type of jewel. Ia lebih gemar menyingsing lengan kemeja daripada merapikan lipatan gaun. Ia lebih suka berkelana dalam celana daripada tampil seronok dalam rok. Ia lebih memilih berlari dengan pantoefel daripada melangkah dengan heels. Does that make her different? No. That makes her special.

Pertemuan pertama saya dengan Karina Suwandi terjadi di tahun 2015 lalu, ketika ia dipilih untuk tampil di cover CLARA edisi XCIII. Berbincang dengannya membuat saya berpikir, not only does she dress like men, she also thinks as sharp as men. But above of all, she still loves like a lady.

Setelah berbincang cukup lama mengenai kehidupan hingga gaya berpakaian, saya bertanya padanya, “Are you happy?”. Dengan lugas, ia menjawab. “I’m happy”. Ia kemudian melanjutkan kata-katanya. “Menurut aku ketika sedang mengalami struggle, kita harus ingat ambisi kita. If you have a problem, rasain saja satu hari, and the next day, harus bangkit. When I have something yang belum bisa aku pecahin, belum dapet solusi, I’m just gonna stay alone for one day, rasain itu, rasain saja. Kita keluarin emosi yang ada. You just have to put it in one day and then sleep, the next day is a new day.”

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON