A Tale of Three Royal Wives

Ding! Ding! Ding! The wedding bell’s ringing.

(Foto: Dok. Getty Images)

Kabar yang sangat mengharukan untuk rakyat Britania dan seluruh dunia, anak bungsu dari Pangeran Charles akhirnya telah menggandeng seorang perempuan yang akan menjadi pasangan hidupnya mengikuti jejak sang kakak, Pangeran William. Tak sedikit yang iri hati atas cerita yang disebut ‘fairy tale’ ini, mulai dari Lady Diana Spencer, Catherine Middleton yang disaat itu hanya rakyat biasa dan bertemu Pangeran William saat berkuliah, serta upacara yang baru diadakan 19 May 2018 lalu, Meghan Markle seorang aktris asal Amerika yang bertemu Pangeran Harry karena diperkenalkan oleh temannya.

Ketiga perempuan ini telah menjadi sorotan publik tak hanya karena cerita mereka, akan tetapi juga gaun-gaun yang mereka kenakan saat acara sakral yang ditonton oleh berjuta-juta orang seluruh dunia. Terdapat pro dan kontra saat media membandingkan ketiga gaun pernikahan perempuan-perempuan ini. Oleh karena itu, saya ingin beropini tentang beberapa atribut yang mereka kenakan, yang jelas berbeda dan mempunyai nilai kecantikan tersendiri.

The Wedding Gowns

Princess Diana, 1981 (Foto: Dok. Getty Images)
Princess Kate, 2011 (Foto: Dok. Spesial)
Princess Meghan, 2018 (Foto: Dok. Getty Images)

Setelah melihat foto-foto diatas, which one is your favourite? Mine, I have to go with Kate Middleton. Timeless, elegant, perfect for how I picture a princess!

Meskipun begitu, menurut saya semua gaun terlihat cantik dikenakan oleh para Putri diatas, seperti gaun Putri Diana yang tentunya ikonik pada masanya, sangat klasik dan elegan –menyerupai karakter Cinderella. Didesain oleh dua Londoner: David dan Elizabeth Emanuel dengan exaggerated puffy sleeves, ruffles, big skirt, dan material seperti lace, silk, 10,000 pearls, dan panjang gaun sampai 25 kaki!

Putri Kate Middleton, jauh lebih modern dengan material lace, satin, dan tulle. Desain Sarah Burton, kepala direktur bidang kreatif dari rumah mode Alexander McQueen ini sangat feminin dari aksentuasi dipinggang, lengan berbahan lace transparan sampai daerah dada dan plunging neck, Kate Middleton berhasil menampakan kulit yang sama sekali tidak terkesan provokatif atau mengundang kontra. Panjang gaun Kate pun tidak berlebihan, hanya 9 kaki.

Untuk Putri terbaru, Putri Meghan Markle pun jauh lebih simpel. Berwarna putih, clean, dan chic. Mungkin para millennials akan suka dengan gaun pernikahan Putri Meghan ini. Terlihat seperti siluet T, apakah desain ini mengingatkan Anda pada aktris legendaris cantik Audrey Hepburn? Karena desainer gaun Putri Meghan adalah Clare Waight Keller, kepala direktur bidang artistik rumah mode Givenchy —was Audrey Hepburn’s favourite designer.

The Veils and Tiaras

Princess Diana, 1981 (Foto: Dok. Spesial)
Princess Kate, 2011 (Foto: Dok. Getty Images)
Princess Meghan, 2018 (Foto: Dok. Getty Images)

Selain gaun, tentunya veil adalah salah satu atribut penting dalam sebuah pernikahan. Terlebih lagi untuk seorang putri, tiara adalah suatu hal yang wajib. Saat pernikahan nya dengan Pangeran Charles, Putri Diana mengenakan veil sepanjang 153 yards of tulle, dan tiara dari keluarga Diana sendiri, The Spencer, dari abad 18 yang telah dipinjamkan oleh ayahnya.

Untuk Kate Middleton, veil yang ia kenakan terbuat dari silk tulle yang ditrim dengan bordiran tangan berbentuk bunga, dan tiara yang dipinjamkan oleh sang Ratu Elizabeth, Cartier halo, terbuat dari 1,000 berlian. Tiara tersebut pemberian hadiah dari sang Raja George VI kepada Ratu Elizabeth untuk ulangtahun ke-18 nya.

Dan yang terakhir, Meghan Markle mengenakan tiara yang juga dipinjamkan oleh sang Ratu. Tiara tersebut adalah milik Ratu Mary Diamond Bandeau dari tahun 1925. Veil Meghan pun hampir mirip dengan Kate Middleton, terbuat dari silk tulle dengan panjang 16 kaki, dan bordir tangan berbentuk bunga.

So for the veil and tiara categories, I will have to choose Lady Diana’s. Though I have to say I did contemplate whether I like Lady Diana or Meghan’s more, nothing beats the classic 18th century tiara.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON